Apa itu Rezeki Kasbi dan Rezeki Wahbi?

Rezeki merupakan pemberian dari Allah SWT yang berupa titipan. Bentuknya sendiri ada dua, yaitu rezeki kasbi dan rezeki wahbi. Kedua bentuk tersebut adalah jenis rezeki berdasarkan cara mendapatkannya.

Rezeki kasbi merupakan rezeki yang bersifat usaha. Artinya, rezeki kasbi merupakan rezeki yang diperoleh dari usaha dan kerja yang dilakukan oleh manusia, tentunya atas izin dan bantuan Allah.

Untuk mendapatkan rezeki kasbi, tidak diperlukan keimanan atau ketakwaan kepada Allah, maka dari itu tidak jarang jika kita melihat banyak orang yang sukses walau jauh dari Allah.

Hal tersebut karena pada dasarnya rezeki kasbi merupakan rezeki yang berasal dari sifat rahman atau pemberian Allah SWT. Artinya, siapapun yang berusaha untuk mendapatkan rezeki, maka ia akan mendapatkan rezeki tersebut.

Sementara itu, rezeki wahbi merupakan rezeki yang datangnya di luar prediksi manusia dan datangnya tidak selalu membutuhkan jerih payah.

Rezeki wahbi adalah rezeki yang datangnya dari keridhaan Allah terhadap hambanya atas apa yang telah ia lakukan.

Hal ini yang kadang membuat seseorang mendadak mendapat rezeki pada saat-saat yang tidak diduga, dengan berbagai cara.

Rezeki wahbi ini adalah rezeki yang diberikan kepada Allah untuk hamba-Nya yang ber-khusnuzon kepada Allah. Kepada hamba-Nya yang percaya bahwa Allah telah mengatur rezeki sedemikian mungkin agar semua orang mendapatkannya.

Jalannya sendiri beragam, bisa dari orang terdekat, sedekah, dan lain-lain. Dengan kata lain, sedekah yang kita keluarkan untuk mengharapkan ridha Allah akan menjadi rezeki wahbi bagi orang lain.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top