Atasi Kesedihan bersama Islam

Tak dapat dipungkiri, bahwa kesedihan kerap menjadi bagian dalam hidup. Ya, kesedihan biasanya dirasakan atas adanya kesulitan atau musibah yang menimpa kita. Oleh karena itu, kesedihan merupakan hal yang wajar dirasakan mengingat hidup tak selamanya menawarkan kebahagiaan. Selain itu, meluapkan kesedihan dapat membersihkan racun yang terpendam sehingga berdampaik bagi tubuh.

Namun, meski merupakan hal yang wajar bukan berarti kita diperbolehkan merasa sedih berlarut-larut. Sebagai manusia kita harus bangkit, apalagi Islam mengajarkan kita untuk tetap berprasangka baik kepada takdir Allah SWT, oleh karena itu janganlah larut dalam kesedihan. Nah, berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesedihan sesuai anjuran Islam.

  1. Memperbanyak Shalawat

Ketika musibah menimpa hidup kita, kita boleh saja merasakan kesedihan tersebut dan menangis untuk beberapa saat. Tapi jangan lupa untuk terus mengingat Allah SWT dengan banyak-banyak bershalawat. Hal tersebut dapat membuat hati kita merasa lebih tenang dan menghilangkan kesedihan.

2. Memperbanyak Shalat Sunah

Selain shalawat, kita bisa mulai untuk mendirikan shalat sunnah dengan bangun di sepertiga malam. Seperti yang kita ketahui, shalat merupakan sarana berkomunikasi kita kepada Allah SWT. Saat shalat, kita bisa mencurahkan kesedihan dan isi hati kita serta memohon ampun dan pertolongan pada-Nya.

3. Berdzikir

Dzikir merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meringankan kesedihan, di samping itu tentu berdzikir akan mendatangkan pahala bagi kita. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang membaca Subhanallah setiap selesai salat 33x, membaca Alhamdulillah 33x, membaca Allahu Akbar 33x hingga menjadi 99. beliau bersabda lalu disempurnakan menjadi seratus dengan Laa ilaha illallah wahdahu’ laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli syaiin qadir, diampuni dosanya sekalipun seperti buih lautan.” (HR. Muslim)

4. Bersikap Optimis

Terakhir, kita perlu bersikap optimis dalam hidup dengan bersandar kepada Allah SWT. Jika kita bisa membangun optimisme, maka kita akan lebih semangat dalam bekerja serta beribadah sehingga kesedihan pun akan segera sirna dari hidup kita.

Selain ke empat hal di atas, kamu juga bisa bersedekah agar hati lebih tentram dan tenang. Kamu bisa bersedekah melalui donasi bersama Yayasan Sigma, kunjungi https://yayasansigma.or.id/berdonasi/ untuk info selengkapnya.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top