Bentuk Balasan Sedekah dari Allah yang Tidak Selalu Harta

Allah telah berjanji untuk memberikan balasan kepada hamba-Nya yang bersedekah. Bahkan, balasan sedekah yang akan didapatkan seorang hamba dapat berlipat ganda.

Hal tersebut sebagaimana difirmankan dalam Q.S Al Hadid ayat 18 yang berbunyi, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Berdasarkan ayat tersebut, Allah telah berjanji akan melipatgandakan ganjaran kepada mereka yang bersedekah, ditambah pahala yang banyak.

Artinya, balasan yang berlipat ganda tidak hanya selalu berupa harta lagi, melainkan beberapa hal yang kadang tidak disadari manfaatnya.

Berikut adalah bentuk-bentuk balasan sedekah dari Allah untuk hambanya yang melapangkan rezeki.

1. Pahala

Masih berdasarkan ayat sebelumnya, Allah SWT menjanjikan pahala yang banyak bagi mereka yang bersedekah.

2. Menghapus Dosa

Nabi Muhammad bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

Berdasarkan hadis tersebut, benar adanya bahwa orang yang bersedekah akan menghapus dosa-dosa dalam dirinya sebagaimana air memadamkan api.

3. Membuat Harta Lebih Berkah

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Dalam Syarh Shahih Muslim, An Nawawi menjelaskan:

“Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud harta tidak berkurang mencakup 2 hal: Pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indera dan kebiasaan. Kedua, jika secara zatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut ‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya.”

4. Membuka Pintu Surga

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

5. Membebaskan dari Siksa Kubur

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)

6. Hati yang Bahagia

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443)

7. Memperpanjang Umur

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top