Bentuk Sedekah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sudah menginjak hari ke-18, tandanya sebentar lagi umat muslim di dunia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Nah, selain bersukacita dalam menyambut hari raya, jangan lupa untuk bersedekah agar ibadah puasa kita semakin sempurna. 

Seperti yang kita ketahui, sedekah merupakan salah satu amalan baik yang dapat dikerjakan masing-masing umat muslim. Bersedekah tidak hanya dapat dilakukan dalam bentuk uang, namun banyak sekali bentuk-bentuk sedekah yang dapat kita amalkan untuk mendapatkan pahala. Apalagi di bulan Ramadhan ini Allah menjanjikan akan melipatgandakan setiap amalan baik yang kita kerjakan. 

Berikut adalah sedekah yang dapat diawali dengan melakukan hal-hal sederhana. 

  1. Membagikan Takjil

Membagikan takjil untuk orang yang berpuasa merupakan salah satu sedekah sederhana yang dapat kita lakukan. Seperti yang kita tahu, bahwa takjil merupakan hidangan pembuka yang berguna untuk menyegerakan berbuka puasa. Hal itu tentu sangat membantu orang-orang yang belum memiliki makanan saat sudah waktu berbuka. 

Selain itu, menyegerakan berbuka puasa juga merupakan amalan yang bersifat sunnah, sehingga apabila kita membantu dengan membagikan takjil kita turut mendapatkan pahala. 

  1. Mengajarkan Al-Qur’an 

Bersedekah tidak hanya dapat dilakukan dalam bentuk uang. Berbagi ilmu juga merupakan bentuk sedekah yang sangat berguna bagi umat muslim, salah satunya adalah dengan mengajarkan Al-Qur’an.

Kita bisa memulainya dengan mengajarkan Al-Qur’an ke orang-orang terdekat, seperti keluarga, tetangga, atau siapapun yang membutuhkan. Meskipun saat ini kita belum diperbolehkan berkumpul banyak masa, untungnya terdapat teknologi yang memungkinkan kita untuk dapat mengajarkan Al-Qur’an ke banyak orang melalui platform digital. 

  1. Senyum dan salam 

HR. Muslim meriwayatkan bahwa “janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu hanya berupa wajah ceria di hadapan saudaramu.” Berdasarkan riwayat tersebut tentu kita tahu bahwa senyum merupakan salah satu sedekah yang dapat dilakukan di bulan puasa. Meskipun berpuasa kerap membuat tubuh lemas, jangan tampakan wajah tidak menyenangkan kita ke sesama saudari, ya. 

Selain senyum, salam juga menjadi salah satu ladang sedekah. Sebab, salam mengandung doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT kepada orang yang kita temui. 

  1. Membangunkan Sahur 

Membangunkan sahur menjadi ladang sedekah. Sebab dengan hal tersebut kita turut membantu masyarakat di sekitar agar segera bangun dari tidur dan melaksanakan kewajiban sahur. 

Itulah beberapa bentuk sedekah yang dapat dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus mendapatkan pahala yang berlimpah. Selain itu, juga terdapat beberapa keutamaan sedekah yang harus kita ketahui. Sedekah dapat menghapus dosa, membukakan pintu surga, dan dapat membuat hati menjadi bahagia serta tentram. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top