Cara Menjaga Semangat Ibadah di Akhir Bulan Ramadhan

Akhir bulan Ramadhan sudah semakin dekat dan umat Islam tentunya harus tetap semangat untuk terus bisa menjalankan ibadah dengan maksimal. Namun, seiring berjalannya Ramadhan, seringkali semangat beribadah kian luntur karena berbagai macam faktor, mulai dari rasa bosan hingga banyaknya kegiatan yang menghalangi jalannya ibadah kita, hal ini tentunya harus disiasati.

Selain itu di akhir bulan Ramadhan, akan terdapat malam Lailatul Qadar yang berkahnya sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di berbagai daerah dan penjuru dunia. Untuk mencari malam seribu bulan tersebut tentunya kita harus menjaga semangat ibadah kita agar tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencicipi berkah yang diberikan oleh Allah SWT tersebut.

Maka dari sebagai umat Islam kita perlu untuk menjaga motivasi diri untuk terus dapat beribadah dengan baik dan khusyuk. Berikut beberapa tips dan cara untuk menjaga semangat ibadah meski bulan Ramadhan sudah berada di penghujung waktu.

Pahami Makna Bulan Ramadhan

Memahami makna dan hikmah bulan Ramadhan sebagai bulan yang penuh kemuliaan dan berkah yang melimpah akan dapat menjadi motivasi untuk kita. Selain itu belum tentu kita dapat bertemu kembali dan mendapatkan kebaikan yang sama dengan kebaikan bulan Ramadhan.

Selain itu kita juga harus mensyukuri kebaikan dan berkah bulan Ramadhan, karena pada bulan ini segala macam dosa akan diampuni. Kita sendiri sebagai manusia tentunya memiliki berbagai macam kesalahan yang ingin diampuni oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan hanya mengharap pahala, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. al-Bukhari).

Maka dari itu manfaatkan bulan ini sebaik-baiknya dan jaga motivasi kita hingga akhir Ramadhan.

Berkumpul dengan Orang Sholeh

Saling menjaga dan mengingatkan untuk terus beribadah juga menebar kebaikan adalah salah satu manfaat dari berkumpul dengan orang-orang sholeh. Maka dari itu hal ini dapat membuat kita tetap termotivasi untuk menyelesaikan ibadah kita di bulan suci Ramadhan. Selain itu Allah SWT juga berfirman pada salah satu suratnya, yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar”.(QS. At taubah:119)

Perbanyak Berdzikir

Seorang mukmin hendaknya senantiasa berdzikir di setiap ada kesempatan, karena hal tersebut mendatangkan banyak manfaat bagi kaum muslim. Beberapa manfaat berdzikir di antara lain adalah dapat mengusir setan, membuat hati tenang, mendapatkan ridho Allah SWT, memperbanyak pahala, melapangkan dada, menghapus dosa dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, berdzikir juga dapat membuat kita kerap mengingat Allah SWT dan dengan sering mengingatNya niscaya iman kita pun akan bisa selalu terjaga, dengan begitu motivasi kita untuk terus beribadah di akhir bulan Ramadhan tidak akan mudah luntur.

Mencari Malam Lailatul Qadar

Seperti yang telah kita ketahui bahwa malam Lailatul Qadar terdapat di bagian akhir dari bulan suci Ramadhan. Maka menjalankan ibadah dengan keinginan untuk mencari malam seribu bulan tersebut dapat menjadi motivasi baru untuk kita di akhir bulan suci tersebut. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901)

Motivasi untuk terus beribadah di akhir bulan Ramadhan harus tetap terjaga agar kita dapat menikmati berkahnya yang melimpah. Maka dari itu tips-tips di atas dapat dibaca dan diterapkan dengan seksama agar kita bisa mendapat kemuliaan dari bulan yang suci ini.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top