Ciri-ciri Orang yang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan di antara begitu banyak berkah yang datang di bulan ini, terdapat satu berkah yang tak kunjung dilupakan oleh umat Islam, yaitu berkah malam Lailatul Qadar. Malam ini sering juga disebut sebagai malam seribu bulan, pada saat itu, siapa yang berdoa akan dikabulkan doanya, siapa yang meminta ampunan akan diampuni dan siapa yang beramal baik akan dilipat gandakan amalannya.

Terdapat sabda Rasulullah SAW mengenai malam ini, yang berbunyi “Sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah … Di bulan ini ada terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan.” (HR. Ahmad dan Nasa’i).

Malam ini juga merupakan malam di mana Al-Qur’an diturunkan ke muka bumi, dan malam ini terdapat pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang berbunyi “Lailatul Qadar terdapat pada sepuluh malam terakhir… Malam tersebut adalah malam ganjil: sembilan, tujuh, lima, tiga atau malam terakhir.” (HR. Ahmad).

Alangkah melimpahnya berkah bagi orang yang mendapatkan malam ini. Bagi mereka yang senantiasa mencari malam ini dan menghidupkannya dengan amalan-amalan, doa-doa, juga hal-hal baik lainnya maka akan mendapat penjagaan dari malaikat yang turun ke bumi. Maka dari itu malam ini merupakan malam yang memiliki berkah melimpah, jadi tak aneh jika banyak orang yang berbondong-bondong mencari berkah pada malam-malam terakhir di bulan Ramadhan.

Bagi yang telah melaksanakan ibadah pada malam Lailatul Qadar, berkah akan dilimpahkan dan doa-doanya akan dikabulkan. Namun, selain itu terdapat ciri-ciri lain yang terdapat pada orang yang telah menjalankan malam seribu bulan tersebut. Berikut merupakan ciri-cirinya.

Wajah yang Bersinar

Orang yang senantiasa berwudhu dan melakukan shalat juga mendapatkan berkah ini. Namun, ini juga merupakan salah satu ciri hamba Allah SWT yang telah menunaikan malam Lailatul Qadar. Setelah mengalami momen spiritual, orang yang telah menunaikan malam ini akan memancarkan aura yang bersinar dari wajahnya dan membuatnya enak untuk dipandang. Selain itu, hamba Allah SWT yang telah memiliki aura seperti ini merupakan orang yang telah menerima ridho dariNya.

Merasakan Ketenangan

Ketenangan akan menjalar pada orang yang telah atau sedang menunaikan ibadah di malam seribu bulan. Selain itu ia juga merasakan ketentraman hati dan rasa lapang dada lebih daripada malam-malam sebelumnya. Ketenangan ini biasa pula disebut dengan tumaninah.

Kenikmatan Beribadah

Malam Lailatul Qadar menyuguhkan kenikmatan beribadah yang lebih banyak daripada malam-malam yang lainnya. Maka dari itu tak aneh jika orang yang shalat pada malam ini, ibadahnya akan lebih terasa khusyuk dan ia bisa tenggelam dalam ibadahnya

Merasa Ibadahnya Tidak Cukup

Meskipun telah melakukan ibadah yang wajib maupun yang sunnah dan telah mengerjakannya dengan khusyuk dan berkelanjutan namun orang yang telah mengalami malam ini selalu akan merasa kurang dalam ibadahnya. Kekurangan ini bisa diakibatkan karena ia telah menikmati berkah yang begitu besar sehingga ia begitu merasa kerdil jika dibandingkan dengan kekuasaan Sang Pencipta, sehingga apa yang ia lakukan tak sebanding dengan nikmat yang telah diberikanNya.

Memiliki Sifat Rendah Hati

Sifat ini muncul karena ciri yan telah disebutkan sebelumnya. Lebih jelasnya, karena ia selalu merasa ibadahnya tidak cukup dan ia merasa kerdil jika dibandingkan dengan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT maka ia akan memiliki sifat rendah hati dan terjauh dari sifat sombong kepada siapapun.

Berusaha Menjadi yang Terbaik

Orang yang telah melalui malam Lailatul Qadar, akan berusaha menjadi yang terbaik bukan hanya untuk Allah SWT tapi untuk manusia dan makhluk lainnya. Terbaik yang dimaksud adalah dalam perihal beribadah, karena telah dipicu oleh proses spiritual yang luar biasa dan keimanannya pun kian bertambah. Selain itu kesehariannya pun akan menjadi lebih baik, seperti menjadi lebih ikhlas dalam bersedekah, menjauhi gibah, dan menjadi toleran pada orang lain.

Selain ciri-ciri yang telah disebutkan, terdapat beberapa ciri lainnya yang patut untuk dicantumkan. Ciri-ciri tersebut antara lain akan melihat semua dengan terang di kegelapan malam, bisa mendengar suara malaikat dan segala tutur katanya, dapat melihat seluruh benda dan makhluk bersujud hanya kepada Allah SWT, juga dikabulkan semua doa-doanya. 

Itulah dia beberapa ciri-ciri hamba Allah SWT yang telah melaksanakan malam Lailatul Qadar. Malam yang memiliki berkah yang melimpah itu senantiasa dicari oleh berbagai umat Islam di seluruh dunia untuk keberkahannya yang melimpah dan terus berlanjut.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top