Dapatkah Bersedekah untuk Orang yang Sudah Meninggal?

Umat muslim masih sering untuk bersedekah, memberi wakaf, berkurban, dan kegiatan sedekah lain yang diperuntukkan untuk orang yang sudah meninggal. Namun, bolehkah berbuat demikian?

Dalam Islam, terdapat ajaran yang membolehkan seorang hamba melakukan sedekah untuk orang yang sudah meninggal dunia. Akan tetapi, terdapat ketentuan yang sudah ditetapkan.

Ketetapan tersebut guna memastikan niat sedekah yang dilakukan dapat diterima oleh Allah dan terhindar dari perilaku yang mengarah kepada kesyirikan.

Sedekah yang lebih baik untuk dilakukan adalah sedekah jariyah, yaitu sedekah yang pahalanya akan terus mengalir sampai hari akhir nanti.

Sedekah jariyah merupakan sedekah yang dapat bermanfaat bagi orang banyak dan terus-menerus dapat digunakan oleh orang banyak. Hal tersebut yang membuat pahalanya terus mengalir.

Hal ini sebagaimana kisah Nabi Muhammad yang diriwayatkan dalam sebuah hadis oleh Imam Muslim.

Dari Abu Hurairah ra, ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasul, “Sesungguhnya ayahku telah meninggal dan tak meninggalkan pesan. Apa bermanfaat baginya bila aku bersedekah?” Rasul menjawab, “Ya.”

Selanjutnya dari Sa’ad ra, sesungguhnya ia bertanya kepada Rasul, “Ya Nabi Allah, sesungguhnya ibuku sudah meninggal dunia, dan aku tahu andai ia hidup maka pasti bersedekah. Apakah jika aku bersedekah berguna untuknya?” Rasul menjawab “Ya.”

Kemudian ia tanya kepada Rasul, “Sedekah apa yang paling bermanfaat?” Rasul bersabda, “Air”. Lalu ia membuat sumur, dan Rasul bersabda “Ini untuk ibu Sa’ad”.

Berdasarkan kisah di atas, dapat diketahui bahwa sedekah untuk orang yang telah meninggal dunia itu diperbolehkan, dan sedekah yang baik untuk dilakukan adalah sedekah jariyah.

Dalam kasus di atas, Sa’ad membangun sumur yang diniatkan untuk sang ibunda. Maka setiap orang yang memanfaatkan air dan sumur tersebut akan menjadi pahala amal untuk ibu Sa’ad.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top