Doa Agar Bertemu Kembali dengan Bulan Ramadhan

Bulan puasa sudah menemui penghujungnya dan tentunya sebagai umat Islam kita ingin untuk merasakan kembali melimpahnya berkah bulan suci ini. Berkah dari salah satu bulan yang paling mulia untuk umat Islam ini sangatlah melimpah. Pada bulan tersebut segala amalan akan dilipatgandakan namun perbuatan tidak terpuji pun akan dikenakan ganjaran yang berlipat.

Telah diketahui bahwa banyak sekali berkah yang terdapat di bulan yang suci ini. Mulai dari ampunan Allah SWT, penutupan pintu neraka, terbelenggunya setan, di bukanya pintu surga, malam Lailatul Qadar, dan masih banyak berkah lainnya yang merupakan kebaikan juga kemurahan hati dariNya. Selain itu doa-doa yang dipanjatkan saat bulan ini pun akan dikabulkan, sebab bulan Ramadhan adalah waktu mustajab untuk memanjatkan doa. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan,” (H.R. Al-Bazaar).

Maka dari itu, ada baiknya jika kita memanjatkan doa untuk bertemu kembali dengan Ramadhan tahun selanjutnya agar kita bisa menikmati kembali berkah yang diberikan oleh Allah SWT.

Doa Agar Bertemu Ramadhan Selanjutnya

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk berdoa agar dapat bertemu kembali dengan bulan Ramadhan selanjutnya. Doa ini secara otomatis meminta untuk memanjangkan umur kita juga. Berikut ini doanya.

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Allahumma laa taj’alhu aakhiral ‘ahdi min shiyaminaa iyyahu, fain jatahu faj’alni marhuuman, walaa taj’alnii mahruuman

Artinya: “Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi.”

Doa di Akhir Bulan Ramadhan

Selain doa tersebut, terdapat juga doa yang dianjurkan untuk dibaca di penghujung bulan Ramadhan. Doa ini bertujuan untuk meminta kepada Allah SWT agar segala ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan kemarin diterima. Berikut ini bacaan doanya:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَنَا وَقِيَمَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتِلَاوَتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ 

Rabbana taqabbal minna shiyamana wa qiyamanaa wa ruku’ana wa sujudanaa wa tilaawatanaa. Innaka antassamii’ul ‘aliim

Artinya: “Wahai Tuhan kami, terimalah puasa kami, shalat kami, ruku’ kami, sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”

Itulah dia doa agar kita dapat bertemu kembali dengan bulan Ramadhan selanjutnya juga doa agar segala ibadah kita di bulan suci tersebut diterima oleh Allah SWT. Sebagai muslim yang menginginkan berkahNya tentunya kita ingin bertemu kembali dengan bulan Ramadhan selanjutnya, selain itu kita juga ingin agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Maka dari itu membaca dua doa yang telah dicantumkan di atas sangat dianjurkan, agar ibadah kita diterima dan kita tetap dapat merasakan berkahNya.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top