Kambing Terbaik untuk Qurban

Seperti yang kita ketahui, Qurban merupakan ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Maka dari itu, pelaksanannya harus sesuai dengan syariat yang diperintahkahkan agama. Salah satunya adalah memilih hewan terbaik untuk disembelih dengan syarat yang telah ditentukan. Berikutnya kita akan membahas mengenai jenis kambing terbaik yang dapat disembelih untuk qurban. Simak penjelasan berikut ini:

Kambing Saanen

Memiliki ciri khas berupa janggut dan tanduk lancip, kambing jenis Saanen berasal dari Swiss Barat. Hal itulah yang membuat kambing Saneen mudah dibedakan dengan jenis-jenis kambing lainnya, selain itu ia juga memiliki kulit berwarna putih yang sangat bersih. Ia pun memiliki telinga yang tegak ke arah kanan dan kiri.

Kambing Etawa

Kambing Etawa berasal dari India yang terkenal sebagai penghasil susu dengan jumlah banyak. Kemudian, selain susunya kambing ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk diqurbankan, sebab bobot kambing etawa dewasa mencapai 91 kilogram. Wah-wah, berat sekali ya.

Kambing Jawarandu

Kambing satu ini merupakan kambing hasil perkawinan silang dari kambing kacang dan kambing etawa. Namun, kambing jawarandu sedikit lebih mirip dengan kambing kacang, sebab memiliki postur tubuh yang cukup besar. Selain itu, kambing ini juga memiliki tanduk yang kecil dan berat. Berat kambing jawarandu terbilang cukup ringan jika dibandingan dengan kambing jenis lain, yakni 40 kilogram.

Kambing Muara

Jika sejak tadi kita membicarakan tentang kambing yang berasal dari luar Indonesia, kali ini terdapat kambing Muara. Ya, kambing satu ini berasal dari Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli, Provinsi Sumatera Utara. Kambing Muara memiliki ciri-ciri berwarna cokelat dengan aksen berwarna hitam yang mendominasi. Wah-wah, tidak heran ya kambing ini disebut-sebut sebagai kambing yang gagah. Tak hanya itu, kambing Muara pun memiliki tubuh yang gemuk serta tangkas.

Kambing Gembrong

Berbeda dengan kambing muara yang didominasi oleh warna cokelat dan aksen hitam, kambing gembrong memiliki ciri khas tubuh yang dipenuhi warna putih. Tak hanya itu, bulunya pun terlihat sangat lebat dengan panjang mencapai 30 cm. Hal inilah yang menyebabkan peternak mencukur kambing gembrong setiap tahunnya. Oh ya, kambing ini berasal dari wilayah Indonesia juga lho, yaitu Bali.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top