Keistimewaan Salat Jumat yang Harus Diketahui para Pria

Salat Jumat merupakan ibadah pengganti salat wajib zuhur yang dilaksanakan pada setiap hari Jumat. Ibadah ini dilaksanakan setiap hari Jumat, hari yang memang diistimewakan oleh Allah SWT.

Pentingnya ibadah salat Jumat ini sendiri tertuang dalam kitab suci Alquran, “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.” (QS. Al-Jumuah ayat 9).

Ibadah yang diutamakan untuk pria atau ikhwan ini memiliki banyak keistimewaan yang tidak boleh dilewatkan oleh umat Islam.

Berikut adalah beberapa keistimewaan salat Jumat:

1. Hajinya Orang yang Tidak Mampu

Keutamaan salat Jumat yang pertama adalah mendapat ganjaran layaknya menunaikan ibadah haji. Seperti diketahui, rukun Islam kelima itu memang cukup berat untuk dilakukan sebagian orang.

Imam Al-Qadla’i dan Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

اَلْجُمُعَةُ حَجُّ الْفُقَرَاءِ

Artinya: “Jumat merupakan hajinya orang-orang fakir.”

Terkait hadits tersebut, Syekh Ihsan bin Dakhlan pun menjelaskan:

يَعْنِيْ ذَهَابُ الْعَاجِزِيْنَ عَنِ الْحَجِّ اِلَى الْجُمُعَةِ هُوَ لَهُمْ كَالْحَجِّ فِيْ حُصُوْلِ الثَّوَابِ وَاِنْ تَفَاوَتَ وَفِيْهِ الْحَثُّ عَلَى فِعْلِهَا وَالتَّرْغِيْبُ فِيْهِ

Artinya: “Maksudnya, berangkatnya orang-orang yang tidak mampu berhaji menuju shalat Jumat, seperti berangkat menuju tempat haji dalam hal mendapatkan pahala, meskipun berbeda tingkat pahalanya. Dalam hadits ini memberi dorongan untuk melakukan Jumat.” (Syekh Ihsan bin Dakhlan, Manahij al-Imdad Syarh Irsyad al-‘Ibad, juz.1, hal.282)

2. Seakan Puasa dan Salat Selama Satu Tahun

Keutamaan kedua dari salat Jumat adalah pahalanya yang seakan berpuasa dan salat selama satu tahun.

مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاغْتَسَلَ وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ وَدَنَا مِنْ الْإِمَامِ فَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَقِيَامِهَا

Artinya: “Barangsiapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun.” (HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim).

Meski begitu, tidak sembarang orang yang salat Jumat akan mendapatkan pahala layaknya puasa dan salat setahun penuh. Melainkan orang-orang yang memuliakan ibadah salat Jumat tersebut.

Orang-orang yang memuliakan Salat Jumat adalah mereka yang berdandan dan membersihkan diri sebelum bertemu penciptanya. Selain itu, mereka juga yang bergegas untuk datang ke masjid, mendengarkan khutbah, dan tidak bermain-main.

3. Diampuni Dosanya

Sejatinya, setiap ibadah yang dilakukan seorang muslim akan menghapus dosa yang telah ia perbuat. Namun, salat Jumat dapat mengampuni dosa seorang hamba selama beberapa hari.

Dalam hadis, Imam Muslim menyebutkan:

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ وَزِيَادَةُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ

Artinya: “Barangsiapa berwudlu kemudian memperbaiki wudlunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni.” (HR. Muslim).

Itulah tadi beberapa keutamaan dari melakukan ibadah salat Jumat yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top