Ketahui Lima Keutamaan Surat Al Kahfi

Al Kahfi merupakan salah satu surat istimewa yang mengandung banyak keutamaan. Membaca surat Al Kahfi, khususnya di hari Jumat akan mendatangkan banyak pahala serta kebaikan bagi kehidupan. Nah, sebelum mengetahui keutamaan Surat Al Kahfi ada baiknya untuk mengetahui kisah di balik keutamaannya. 

Surat yang terdiri dari 110 ayat ini disebut juga Ashabul Kahfi (Penghuni Gua) merupakan golongan surah-surah Makkiyah. Pada ayat 9-26 dikisahkan terdapat tujuh orang pemuda yang mengungsi di gua guna menghindari Raja Dikyanus, yang memerintahkan mereka untuk menyembah berhala. Supaya keberadaannya tidak ditemukan oleh raja, mereka bersembunyi di sebuah gua yang konon terletak di Gunung Tikhayus. Allah SWT pun memberikan mukjizat dengan melindungi mereka sehingga terhindar dari kekejaman Raja Dikyanus. 

Berikut lima keutamaan membaca surah Al-Kahfi:

  1. Mendapatkan Ridha dari Allah SWT 

Membaca surat Al-Kahfi akan membantu kita dalam mendapatkan ridha dari Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya.” “Dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR. Ahmad).

  1. Terlindungi dari Fitnah Dajjal 

Hanya dengan rutin membaca surat Al-Kahfi ayat 1-10 niscaya kita akan terhindar dari fitnah dajjal. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban).

  1. Diampuni Dosa di Antara Dua Jumat 

Allah SWT akan mengampuni dosa umat-Nya di antara dua Jumat jika membaca surat Al-Kahfi. 

  1. Disinari Cahaya 

Disinari cahaya antara dirinya dan Kabah menjadi salah satu keutamaan dari membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat. Hal ini dijelaskan oleh sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi).

  1. Mengingat Kebesaran Allah SWT 

Sebagai umat muslim, kita wajib untuk mengingat kebesaran Allah SWT yang telah memberikan banyak berkah untuk kita. Dalam Al Quran surat Al Kahfi ayat 47 dijelaskan,“Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar. Dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.”

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top