Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah

Sebagai umat muslim, tentu kita mengetahui bahwa Bulan Dzulhijjah memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya, pada bulan Dzulhijjah terdapat Hari Raya Idul Adha. Namun, keutamaan tersebut ternyata tidak hanya terletak pada saat hari rayanya saja, ya. Melainkan pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah juga memiliki keutamaan yang luar biasa jika kita melaksanakan amalan baik. Yuk, simak penjelasannya lebih jauh. 

  1. Melaksanakan Ibadah Puasa Sunnah

Untuk mendapatkan keutamaan dari bulan Dzulhijjah, disunnahkan untuk melaksanakan puasa pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, terutama puasa Arafah yang berlangsung pada tanggal 9 Dzulhijjah. 

Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri, Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun”.

  1. Bertaubat dan Tidak Bermaksiat 

Meminta ampun kepada Allah SWT di bulan Dzulhijjah juga akan mendatangkan keutamaan. Seperti yang kita ketahui bahwa maksiat merupakan penyebab dari jauhnya kita dengan Allah SWT. Oleh karena itu, jika kita bertaubat dan taat kita pun akan terasa dekat dengan Allah SWT. 

  1. Perbanyak Amal Saleh 

Amal saleh yang dilakukan dengan rutin dapat mendatangkan pahala yang berlipat ganda, seperti mengerjakan amalan sunnah: shalat, membaca Al-Quran, sedekah, dan sebagainya. 

  1. Dilarang Memotong Kuku dan Mencabut Bulu Bagi yang Akan Berqurban 

Diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya, dari Ummu Salamah Radhiyallhu ‘anha bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Jika kamu melihat hilal bulan Dzul Hijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya”.

  1. Melaksanakan Ibadah Haji atau Umrah Jika Mampu 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga”.  Dari hadits tersebut kita tahu bahwa ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang utama. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top