Keutamaan Hari Tasyrik

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Dzulhijjah, artinya kita juga akan bertemu dengan hari raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Ingat, Idul Adha bukan hanya tentang menyantap daging ya, melainkan banyak sekali amalan yang dapat kita kerjakan untuk mencapai keutamaannya.

Selain itu, di dalam rangkaian perayaan Idul Adha, ternyata bukan hanya tanggal 10 Dzulhijjah saja, lho yang memiliki banyak keutamaan. Melainkan terdapat tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah yang disebut juga dengan hari Tasyrik yang memiliki banyak keutamaan. Dinamakan hari Tasyrik sebab pada hari-hari tersebut daging-daging qurban (dijemur di bawah sinar matahari). Berikut penjelasan mengenai keutamaan di hari Tasyrik:

  1. Berdzikir dan Takbir

Amalan pertama yang dapat kita kerjakan pada hari-hari Tasyrik adalah berdzikir dan melantunkan takbir. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ

“Dan berdzikirlah dengan menyebut nama Allah pada hari yang berbilang.” (QS. Al baqarah: 203)

Banyak ulama mengatakan bahwa terdapat dzikir yang paling utama untuk dilaksanakan. Dzikir tersebut dimulai sejak subuh pada hari Arafah hingga tanggal 13 Dzulhijjah pada shalat Ashar.

2. Melakukan Sedekah

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top