Keutamaan Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah memiliki banyak keutamaan yang tidak hanya sebagai amalan yang terus mengalir meski sudah meninggal nanti.

Berikut adalah beberapa keutamaan dari sedekah jariyah yang dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk melakukan sedekah.

1. Naungan di Hari Kiamat

Umat Islam percaya bahwa hari kiamat suatu saat akan tiba. Segala amalan dan dosa yang dilakukan di dunia akan diperhitungkan nanti.

Salah satu keutamaan dari sedekah jariyah adalah menjadi penaung bagi orang yang bersedekah. Seseorang yang kerap bersedekah jariyah akan dapat bernaung di bawah naungan amalan tersebut.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadis, Rosulullah SAW bersabda “Sesungguhnya sedekah itu benar-benar dapat memadamkan panasnya siksa kubur bagi pelakunya, sesungguhnya orang mukmin kelak di hari kiamat hanyalah bernaung dibawah naungan sedekahnya. (HR Al-Tabrani).

2. Menghapus Dosa

Sebagai seorang manusia, sudah pasti kita pernah melakukan dosa selama di dunia. Baik sengaja maupun tidak, besar maupun kecil, setiap orang pasti pernah melakukan dosa.

Kita patut bersyukur bahwa Allah adalah Sang Maha Pengampun, Allah akan menghapuskan dosa para hambanya dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan cara bersedekah.

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

Berdasarkan hadis tersebut, dapat diketahui bahwa sedekah diibaratkan sebagai air sementara dosa diibaratkan sebagai api. Maka dari itu, sedekah dapat menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia.

3. Meringankan Siksa Kubur

Kita semua mengetahui bahwa azab atau siksa kubur akan pasti terjadi. Siksaan ini tentunya berdasarkan perbuatan baik dan buruk yang dilakukan oleh manusia semasa hidupnya.

Untuk itu, manusia diminta untuk bersedekah. Amalan tersebut dapat membantu melewati siksaan kubur. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh sebuah hadis, “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani)

4. Pahala Berlipat

Allah SWT telah berjanji bahwa setiap kebaikan yang dilakukan oleh hambanya, meski hanya sebesar biji zarah, akan dibalas oleh Allah.

Terlebih, amalan sedekah yang dibalasnya bukan hanya dengan satu kebaikan, melainkan dibalikkan dengan berlipat-lipat kebaikan.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Alquran:

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Itu tadi adalah 4 keutamaan sedekah jariyah yang tidak hanya menjadi amalan yang terus mengalir.

Semoga kita semua selalu diberikan rezeki berlebih agar terus dapat melakukan sedekah, terutama sedekah jariyah, aamiin.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top