Lakukan Adab Tidur Ini, Yuk

Tidur menjadi bentuk istirahat terbaik bagi tubuh yang dapat mengembalikan energi untuk digunakan kembali dalam beraktivitas. Selain itu, tidur menjadi hal yang sangat nikmat bagi kebanyakan orang, pasalnya ada saja orang yang tidak memiliki waktu untuk tidur. Biasanya, kekurangan waktu tidur tersebut disebabkan oleh pekerjaan yang terlalu banyak. Sehingga ketika mereka diberikan waktu untuk tidur, mereka akan langsung menggunakannya dengan maksimal. Hal itu sah-sah saja jika tetap memperhatikan adab tidur yang dianjurkan Rasulullah SAW. Yuk, kita simak apa saja adab-adab itu.

Mengambil Air Wudhu

Sebagian dari kita mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk mengambil air wudhu sebelum tidur. Hal ini berdasarkan hadis dari Al Baro’ bin ‘Azib, yang mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Membaringkan Tubuh ke Sisi Kanan

Seperti yang telah disebutkan pula pada hadits di atas, bahwa Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk berbaring pada sisi kanan tubuh. Terdapat manfaat berbaring dengan sisi kanan menurut Ibnul Qayyim seperti berikut:

“Tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun shalat malam. Tidur pada sisi kanan lebih bermanfaat pada jantung. Sedangkan tidur pada sisi kiri berguna bagi badan (namun membuat seseorang semakin malas)” (Zaadul Ma’ad, 1/321-322).

Membaca Doa

Sejak kecil kita telah diajarkan untuk membaca doa sebelum tidur. Hal ini dilakukan sebagai permohonan perlindungan kita kepada Allah SWT. Berdasarkan hadis dari Al-Bara’ bin ‘Aazib radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa saat Rasulullah SAW akan tidur, beliau akan berbaring pada sisi kana dan membaca doa:

Allahumma aslamtu nafsii ilaik, wa fawwadh-tu amrii ilaik, wa wajjahtu wajhiya ilaik, wa alja’tu zhohrii ilaik, rogh-batan wa rohbatan ilaik, laa malja-a wa laa manjaa minka illa ilaik. Aamantu bikitaabikalladzi anzalta wa bi nabiyyikalladzi arsalta.

Artinya: “Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepadaMu, aku menyerahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajahku kepadaMu, aku menyandarkan punggungku kepadaMu, karena senang (mendapatkan rahmatMu) dan takut pada (siksaanMu, bila melakukan kesalahan). Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari (ancaman)Mu, kecuali kepadaMu. Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan, dan (kebenaran) NabiMu yang telah Engkau utus.” Apabila Engkau meninggal dunia (di waktu tidur), maka kamu akan meninggal dunia dengan memegang fitrah (agama Islam)].” (HR. Bukhari dan Muslim).

Membaca 3 Surat Terakhir dalam Al-Qur’an dan Ayat Kursi

Tiga surat yang dimaksud adalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An Naas. Bacalah ketiga surat tersebut sembari meniup kedua telapak tangan. Lalu usap kedua tangan tersebut sebanyak tiga kali ke bagian wajah serta bagian tubuh lain yang terjangkau.

Selain tiga surat terakhir tersebut, membaca Ayat Kursi juga merupakan salah satu adab tidur. Dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dikatakan bahwa, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan kemudian ada orang yang datang mencuri makanan namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan, “Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam“. Lalu Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menceritakan suatu hadits berkenaan masalah ini. Selanjutnya orang yang datang kepadanya tadi berkata, “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi“. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan“. (HR. Bukhari).

Bagi kamu yang ingin melakukan donasi dapat mengunjungi https://yayasansigma.or.id/berdonasi/ untuk informasi selengkapnya.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top