Lakukan Amalan Ini Setelah Ramadhan Berakhir

Bulan Ramadhan telah berakhir. Setelah 30 hari kita menahan dahaga dan lapar akhirnya kita bisa merayakan hari raya Idul Fitri dengan suka cita. Jika kita tengok pada sebulan terakhir, tentu sebagai umat muslim kita berlomba-lomba dalam menabung pahala. Pasalnya, mengerjakan amalan baik di bulan Ramadhan akan membuat kita mendapatkan pahala yang berlimpah. 

Namun, meskipun bulan puasa sudah selesai bukan berarti iman kita menurun, ya. Sebagai umat yang baik, kita harus melakukan amalan yang disyariatkan oleh dengan konsisten. Oleh karena itu, mari kita simak beberapa amalan yang dapat kita lakukan setelah berakhirnya bulan Ramadhan. 

  1. Shalat Dhuha

Shalat dhuha merupakan salah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan apabila dilaksanakan dengan baik. Dalam riwayat hadits At-Tirmidzi disebutkan bahwa shalat dhuha dapat membukakan pintu rizki. 

Tentu saja Rasulullah SAW turut menganjurkan untuk shalat dhuha. Hal ini dijelaskan dalam hadits riwayat At-Tirmidzi dan Ahmad Rasulullah SAW bersabda: “Kerjakanlah sholat malam, karena sholat malam itu kebiasaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindari penyakit dari badan.” (HR Imam Tirmidzi dan Ahmad).

  1. Shalat Malam 

Selain shalat dhuha, shalat sunnah yang dilakukan pada sepertiga malam juga memiliki banyak keutamaan serta manfaat. Hal ini ditegaskan dalam Surah Al Isra ayat 79:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” 

Selain itu disebutkan pula dalam hadist riwayat At-Tirmidzi dan Ahmad, Rasulullah bersabda: “Kerjakanlah sholat malam, karena sholat malam itu kebiasaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindari penyakit dari badan.” (HR Imam Tirmidzi dan Ahmad).

  1. Puasa Sunnah 

Setelah melakukan puasa wajib di bulan Ramadhan kemarin, ada baiknya kita tetap berkonsisten untuk melakukan puasa sunnah. Tidak hanya mendatangkan pahala dari Allah SWT, puasa sunnah juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental seorang manusia. 

Terdapat beberapa puasa sunnah yang dapat dilaksanakan setelah bulan Ramadhan: puasa 6 hari di bulan Syawal, puasa Ayyamul Bidh, puasa Arofah, puasa Senin Kamis, Puasa Daud, Puasa Asyura. 

  1. Membaca Al-Quran 

Banyak hadits yang menyebutkan keutamaan dari membaca Al Quran. Dilansir dari situs Kemenag, Syekhul Islam Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf An-Nawawi dalam kitabnya Riyaadhus Shalihin membahas keutamaan Al Quran di antaranya menjadi syafaat di hari kiamat kelak. Seperti diriwayatkan hadits berikut,

عن أَبي أُمامَةَ رضي اللَّه عنهُ قال : سمِعتُ رسولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يقولُ : « اقْرَؤُا القُرْآنَ فإِنَّهُ يَأْتي يَوْم القيامة شَفِيعاً لأصْحابِهِ » رواه مسلم

Artinya: Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al Quran, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR Muslim).

  1. Berdzikir 

Dzikir merupakan suatu hal yang dilakukan umat muslim untuk memuji Allah SWT dengan berulang-ulang. Berdzikir membuat kita senantiasa mengingat Allah sebagai maha pengasih dan maha penyanyang. 

Rabi’ Abdur Rauf Az-Zawawi dalam Al-Baqiyatus Shalihat mengatakan, dzikir adalah amalan abadi. Mereka yang berdzikir derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT di hadapan malaikat.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top