Langkah Jitu Membiasakan Anak Shalat Jumat

Shalat jumat merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh laki-laki, dan sunnah hukumnya untuk perempuan. Maksud wajib di sini adalah apabila ditinggalkan dengan sengaja akan mendapat dosa dan Allah SWT akan menutup hatinya. Hal ini ditegaskan dalam hadits dari Abu Hurairah dan Ibnu ‘Umar radhiyallahu anhu, bahwa mereka berdua mendengar Rasulullah bersabda, 

Hendaklah orang-orang berhenti dari meninggalkan Jumat atau Allah pasti akan menutupi hati mereka kemudian mereka menjadi orang-orang yang lalai.” (HR. Muslim). Berdasarkan hadits tersebut dapat kita ketahui betapa pentingnya shalat jumat. Oleh karena itu, membiasakan anak shalat jumat, khususnya anak laki-laki merupakan kewajiban kita sebagai orang tua. Berikut adalah tips jitu membiasakan anak shalat Jumat:

  • Dari terbiasa menjadi bisa 

 Menanamkan kebiasaan shalat jumat pada anak-anak dapat dimulai sejak dini. Kita bisa memulainya dengan memberitahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di masjid. Hal ini dapat membuat anak mengerti tentang kondisi masjid dan menjadikan masjid sebagai tempat yang nyaman. Jangan lupa berikan informasi mengenai rangkaian ibadah shalat jumat, sehingga saat pelaksanaannya anak tidak kebingungan. 

  • Berproses

Membiasakan anak untuk shalat jumat adalah sebuah proses dengan beberapa tahapan. Artinya, kita tidak bisa memaksakan anak untuk terburu-buru melaksanakan ibadah dengan baik. Oleh karena itu, kita bisa mengevaluasi bagaimana anak telah melakukan ibadah shalat jumat tersebut, jika memang ada kesalahan sebagai orang tua kita wajib membetulkannya. Pahamilah bahwa semua di dunia ini adalah proses, maka kita tidak bisa memaksa anak untuk langsung sempurna dalam beribadah. 

  • Tanamkan Pengertian 

Agar anak dapat melaksanakan ibadah shalat jumat dengan baik, sebagai orang tua kita juga harus memahami betul-betul tentang ibadah yang satu ini. Sebab, jangan harap sang anak dapat melakukannya dengan baik apabila orang tuanya tidak dapat mengajarkan hal yang benar. 

Berkaca pada zaman sekarang, banyak orang tua yang menyerahkan anak begitu saja kepada guru sekolah maupun guru ngajinya. Padahal, sebuah pembelajaran untuk anak paling efektif dilakukan oleh orang tuanya langsung. 

  • Lengkapi Kebutuhan Shalat Jumat 

Saat kita sudah berhasil mengajak sang anak untuk melaksanakan shalat jumat, kita perlu melengkapi kebutuhan ibadahnya. Contohnya sarung, kopiah, sajadah, dan sandal bersih. Namun, jika sang anak minta dibelikan baju lain, maka berikanlah pengertian bahwa dalam melakukan ibadah diperlukan baju yang pantas dan bersih. Lambat laun anak pun akan mengerti. 

  • Berikan Apresiasi 

Seusai shalat Jumat, berikan apresiasi kepada sang anak agar ia merasa dihargai serta semakin semangat pada ibadah yang selanjutnya. Perlu diketahui, apresiasi di sini bukan sekadar pujian yang membuat anak menjadi gila pujian, melainkan sebuah apresiasi yang akan menumbuhkan perasaan berharga dan semangat dalam hati anak. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top