Macam-macam Sunnah saat Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Berkah yang paling terlihat saat bulan suci ini salah satunya ada pada saat berbuka puasa. Banyaknya sajian yang menggiurkan dan menggugah selera, serta kenikmatan berbuka itu sendiri yang ditunggu-tunggu sepanjang hari nampak jelas sebagai berkah bulan Ramadhan yang amat nikmat.

Namun selain itu, bulan ini juga menyajikan berkah yang lain yaitu amalan yang dilipatgandakan dan  juga terdapat berbagai macam ibadah yang hanya muncul pada bulan yang suci ini. Pada waktu berbuka atau sesaat sebelumnya pun terdapat amalan-amalan yang dapat kita lakukan dan merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Terdapat beberapa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan pada saat berbuka puasa. Berikut macam-macam sunnah tersebut:

Membaca Doa Berbuka

Berbuka puasa tentunya sudah dilakukan sejak zaman Rasulullah SAW. Pada masanya beliau seringkali mengucapkan doa pada saat berbuka puasa dan karena Rasulullah SAW adalah junjungan bagi umat Islam maka doa berbuka juga dapat kita bacakan pada saat kita berbuka puasa.

Doa yang merupakan sunnah ini dapat dibaca sebelum kita mulai berbuka puasa. Mengawali doa ini dengan basmalah lalu dilanjutkan dengan bacaan doa tersebut. Ibnu Umar Radhiallahu ‘anhu berkata bahwa terdapat hadits tentang doa tersebut yang berbunyi:

“Biasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah).” (HR Abu Daud Nomor 2357, An Nasa’i Nomor 3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Dawud)

Menyegerakan untuk Berbuka

Tentunya setelah hari yang panjang menahan dahaga dan lapar, kita ingin untuk menyegerakan berbuka puasa, maka dari itu kita harus menyempatkan diri untuk berbuka kapanpun itu. Selain itu menyegerakan berbuka juga dapat membuat tubuh kita kembali bertenaga dan kita dapat kembali melakukan aktivitas yang seharusnya dilakukan. 

Terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Sahl bin Sa’ad yang membahas tentang penyegeraan untuk berbuka puasa. Pada hadits tersebut Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Orang akan selalu baik (sehat) jika ia menyegerakan berbuka.” (HR Bukhari Nomor 1957 dan Muslim 1098)

Berdoa ketika Berbuka Puasa

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa terdapat doa untuk berbuka puasa. Namun selain doa tersebut umat Islam juga dapat memanjatkan doa-doa yang lain, yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing dan ini merupakan sunnah. Hal ini dianjurkan karena niscaya orang yang berbuka puasa doanya akan diterima. Terdapat hadits yang membahas hal tersebut yang berbunyi:

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak. Pertama, pemimpin yang adil; kedua, orang yang berpuasa ketika dia berbuka; dan ketiga, doa orang yang terzalimi.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Berbuka dengan Secukupnya

Telah kita ketahui bahwa segala apapun yang berlebihan itu tidaklah baik, begitupun persoalannya dalam berbuka puasa. Maka tidak dianjurkan bagi umat Islam untuk berbuka dengan berlebihan, dan hal tersebut telah terdapat pula di dalam Alquran bahwa makan dengan terlalu kenyang tidaklah dianjurkan. Terdapat pada Surat Al- A’raf, ayat 31, Allah SWT berfirman: 

“Makan dan minumlah, tetapi janganlah berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Memberi Makanan Orang yang Sedang Berbuka Puasa

Tentunya kita sering kali menemukan orang yang membagikan takjil pada saat bulan puasa, hal tersebut termasuk sebuah ibadah. Kita tidak selalu sempat untuk menyegerakan untuk berbuka puasa, dan kebaikan itulah yang menolong untuk kita melaksanakan berbuka dengan segera. Selain itu Bersedekah di bulan suci ini merupakan salah satu amalan yang dilipatgandakan pahalanya dan sangat dianjurkan, terlebih jika amalan tersebut diberikan kepada orang yang sedang berpuasa. 

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW Bersabda: “Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR Tirmidzi Nomor 807, Ibnu Majah 1746, dan Ahmad 5/192, hasan shahih)

Berbuka puasa merupakan salah satu momen yang menyenangkan di bulan Ramadhan. Selain itu terdapat banyak berkah yang bisa kita dapatkan pada satu momen kecil ini. Namun, satu momen kecil ini dapat menjadi besar jika kita memanfaatkannya dengan baik, dan beberapa di antaranya adalah dengan melakukan sunnah yang telah disebutkan di atas.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top