Memahami Kewajiban Shalat Jumat 

Seperti yang kita ketahui, setiap pria muslim yang telah mengalami akil baligh wajib melaksanakan shalat jumat. Namun, apakah kita telah memahami apa itu shalat jumat dan bagaimana hukumnya? Mari kita simak penjelasan berikut ini. 

Mengapa disebut dengan Shalat Jumat?

Menurut kitab Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu juz 2 karya Syekh Wahbah Az Zuhaili, kewajiban shalat ini disebut dengan shalat jumat sebab Jumat merupakan hari dimana orang-orang berkumpul serta amalan baik berkumpul. Selain itu, hari Jumat juga merupakan hari diciptakannya Nabi Adam a.s serta pertemuannya dengan Siti Hawa di bumi.

Bagaimana hukum shalat jumat?

Kewajiban melaksanakan shalat Jumat ini juga tercantum dalam Alquran surat Al Jumu‘ah ayat 9 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Berdasarkan ayat di atas dapat dipahami bahwa hukum shalat jumat adalah fardhu ain. Artinya, bagi umat muslim yang meninggalkan akan dianggap kafir. Kemudian, satu hal yang perlu diingat adalah shalat jumat merupakan ibadah yang berdiri sendiri, yakni tidak bersatu dengan shalat dzuhur. 

Selain itu terdapat dalil-dalil lain yang menegaskan betapa wajibnya seorang pria muslim melaksanakan shalat jumat: 

“Demi Allah, berhentilah para lelaki yang sering meninggalkan sholat Jumat atau Allah akan mengunci hati mereka dan menjadikannya orang-orang yang lalai” (Hadits Riwayat Muslim dari Abi Hurairah).

Rasulullah SAW juga bersabda dalam hadits riwayat Nasa’i dari Hafsah:

“Pergi menunaikan shalat Jumat wajib bagi semua lelaki yang sudah baligh.”

Selain itu, sesuai dengan yang ditegaskan oleh sabda Rasulullah SAW bahwa laki-laki yang meninggalkan shalat jumat akan diberi hukuman. 

“Aku berniat menyuruh para lelaki untuk shalat berjamaah, lalu aku akan bakar rumah-rumah orang yang meninggalkan shalat Jumat.” (HR. Ahmad dan Muslim dari Ibnu Mas’ud).

Nah, dengan memahami arti serta hukum dari shalat Jumat kita sebagai umat muslim wajib menegaskan kepada diri sendiri untuk tidak sekalipun meninggalkan shalat wajib tersebut. Sebab, sebaik-baiknya hari adalah hari Jumat. Allah SWT akan mengampuni 600 penghuni neraka dan berjanji akan mencatatkan pahala syadid serta dijaga dari siksa kubur bagi orang-orang yang meninggal pada hari Jumat. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top