Memahami Wakaf Alquran, Amal Jariyah yang Manfaatnya Terus Terasa

Wakaf merupakan ibadah mulia yang dapat dilaksanakan oleh setiap kaum muslimin. Salah satu wakaf yang ringan tetapi manfaatnya banyak adalah wakaf alquran.

Wakaf alquran termasuk ke dalam amal jariyah yang akan terus mengalurkan pahala bagi orang-orang yang melakukannya. Terlebih, jika alquran yang diwakafkan terus dibaca oleh orang-orang beriman.

Ketika sebuah alquran diwakafkan kepada seseorang, maka dia akan terus mendapatkan manfaat dari setiap bacaan alquran yang dibaca oleh orang lain.

Wakaf Alquran Termasuk Amal Jariyah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang shalih”. (HR. Muslim no. 1631)

Berdasarkan hadis tersebut, sedekah jariyah yang dimaksud adalah perbuatan baik yang dapat dirasakan manfaatnya secara terus-menerus, contohnya adalah wakaf tanah dan wakaf alquran.

Mewakafkan sejumlah alquran untuk orang lain akan menghasilkan pahala yang terus mengalir, bahkan sampai kita meninggal dunia nanti.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Sesungguhnya yang didapati oleh orang yang beriman dari amalan dan kebaikan yang ia lakukan setelah ia mati adalah: (1) Ilmu yang ia ajarkan dan sebarkan. (2) Anak soleh yang ia tinggalkan. (3) Mushaf Alquran yang ia wariskan. (4) Masjid yang ia bangun. (5) Rumah bagi ibnu sabil (musafir yang terputus perjalanan) yang ia bangun (6) Sungai yang ia alirkan. (7) Sedekah yang ia keluarkan dari harta ketika ia sehat dan hidup. Semua itu akan dikaitkan dengannya setelah ia mati.” (HR. Ibnu Majah no. 242)

Untuk itu, sedekah alquran merupakan ibadah yang sangat ringan untuk dilakukan, tetapi manfaatnya akan terus dirasakan sampai tua dan meninggal dunia nanti.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top