Menengok Keajaiban Sedekah 

Sebagai amalan yang paling dicintai Allah SWT, sedekah memiliki banyak keajaiban seperti yang telah disebutkan dalam ayat-ayat Al-Quran. Allah berfirman di dalam  Surat An-Nisa Ayat 114 yang artinya : “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mendamaikan di antara manusia. Dan siapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keridhoan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar.” Berdasarkan hadits tersebut kita tahu dengan bersedekah akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Selain itu, sedekah juga mendatangkan keajaiban bagi hidup kita. Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

  1. Dapat Menolak Hadirnya Penyakit 

Jika kita sedang dalam keadaan sakit, hendaklah bersedekah terutama kepada anak yatim. Sebab, hal tersebut merupakan salah satu keajaiban sedekah anak yatim. Apabila belum sembuh pula, tetaplah bersedekah karena Allah SWT sedang mendengar permintaan dan doa kita. Selain itu, sedekah juga dapat membuat kita terhindar dari penyakit serta marabahaya yang datang dari luar. 

Dalam sebuah hadist, Nabi SAW berpesan:

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Ada seseorang yang datang kepada Nabi SAW dan bertanya: “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?” Beliau menjawab” “Bersedekahlah sedangkan kamu masih sehat, suka harta, takut miskin dan masih berkeinginan kaya. Dan janganlah kamu menunda-nunda sehingga apabila nyawa sudah sampai tenggorokan, maka kamu baru berkata: “Untuk fulan sekian dan untuk fulan sekian, padahal harta itu sudah menjadi hal si fulan (ahli warisnya),” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Mudah Mendapat Rezeki Halal 

Amalan sedekah membuat kita sadar bahwa selama bekerja kita berada dalam pengawasan Allah SWT, oleh karena itu kita akan senantiasa mendapatkan rezeki dengan jalan halal. Rezeki tersebut tentu membuat seseorang sangat bersyukur atas anugerah yang telah diberikan Allah SWT. Seperti dalam firman Allah SWT berikut: “Maka makanlah yang halal lagi baik dan rezeki yang telah diberikan Allah kepada kalian. Dan syukurilah nikmat Allah jika kalian hanya kepada-Nya saja beribadah”. (An-Nahl:114).

  1. Melipatgandakan Pahala 

Seperti yang telah disebutkan di atas, sedekah dapat membuat kita mendapatkan pahala melimpah. Oleh karena itu, perbanyaklah sedekah khususnya hari Jumat. Apa yang disedekahkan tidak hanya terbatas uang saja, melainkan uang, makanan, atau yang lainnya. Nabi bersabda : “Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239). (rin)

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top