Mengapa Umat Islam Harus Berburu Shaf Paling Depan saat Salat Jumat?

Barisan salat atau disebut sebagai shaf memiliki tujuan untuk mencerminkan persaudaraan yang erat sesama muslim. Namun, terdapat keistimewaan tersendiri pada shaf paling depan saat salat Jumat.

Berikut adalah keistimewaan barisan shaf paling depan dari jamaah:

1. Allah dan Malaikat Bersolawat untuknya

Keutamaan pertama pada barisan paling depan salat berjamaah adalah Allah dan malaikat-malaikat-Nya akan bersolawat untuk sang hamba.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat kepada orang yang sholat di shaf pertama.”

2. Mendapatkan Ganjaran atau Pahala Besar

Shaf paling depan dari jamaah akan mendapatkan ganjaran atau pahala yang begitu besar. Begitu besarnya hingga jika orang-orang mengetahuinya, maka mereka akan berebut untuk mendapatkannya.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

“Seandainya orang-orang mengetahui besarnya pahala adzan dan shaf pertama, kemudian untuk mendapatkannya harus diundi, niscaya mereka akan mengadakan undian.” (Muttafaq ‘alaih)

3. Seperti shaf malaikat

Jabir bin Samurah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar kepada kami dan bersabda, ‘Tidakkah kalian ingin bershaf seperti shaf Malaikat di hadapan Tuhannya?’ Kami (para sahabat) bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana Malaikat bershaf di hadapan Tuhannya?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Mereka menyempurnakan shaf-shaf awal dan merapatkan shaf.” (HR. Muslim)

4. Terhindar dari kemunduran.

Seorang hamba yang salat berjamaah dan menempati barisan pertama, maka ia akan terhindar dari kemunduran. Hal ini tercantum dalam sebuah hadis riwayat Muslim yang berbunyi sebagai berikut:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat para sahabat mundur ke belakang. Maka beliau pun bersabda, “Majulah dan ikutilah aku. Shaf yang di belakangnya mengikuti shaf depannya. Kaum yang selalu mundur (dalam bershaf), Allah akan memundurkan mereka.” (HR. Muslim)ya senantiasa merasa tenang dan ia tidak akan merasa kekurangan.

Itulah tadi 4 keutamaan berada di shaf depan dalam salat berjamaah.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top