Mengenal Sedekah Subuh dan Manfaatnya

Sesuai dengan namanya, sedekah subuh merupakan kegiatan sedekah yang dilakukan pada waktu subuh, lebih tepatnya setelah salat subuh.

Sedekah sendiri merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah karena merupakan bentuk rasa syukur seorang hamba atas rezeki yang diberikan oleh-Nya.

Melalui sedekah juga, rezeki seseorang akan menjadi lebih banyak lagi dan menjadi lebih berkah. Hal tersebut merupakan janji Allah kepada orang yang bersedekah.

Sedekah juga dapat dilakukan kapanpun dan di manapun. Namun, terdapat waktu-waktu yang sangat baik untuk melakukan sedekah, di antaranya adalah pada waktu subuh.

Sedekah subuh merupakan kegiatan mengeluarkan sedikit rezeki atau harta yang dibagikan kepada mereka yang lebih membutuhkan dan dilakukan setelah salat subuh atau sebelum matahari terbit.

Subuh merupakan waktu yang sangat baik karena malaikat turun ke bumi, mereka bertugas mendoakan orang-orang yang bersedekah pada waktu tersebut.

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke Bumi. Lalu salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.’ Malaikat yang satu berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.”

Lantas, apa saja manfaat sedekah subuh?

Manfaat Sedekah Subuh

Sedekah sendiri diketahui akan memberikan banyak manfaat dan keutamaan untuk diri sendiri, salah satunya adalah diberikan ganjaran nikmat yang berlipat-lipat ganda daripada harta yang disedekahkan.

Tidak hanya diberikan ganjaran semata, harta lain yang tidak disedekahkan juga akan menjadi lebih berkah, sehingga kenikmatan dan rasa syukur yang dimiliki manusia menjadi lebih tinggi.

Mengenai sedekah subuh, para alim ulama percaya bahwa umat muslim yang melakukan sedekah subuh dengan bersungguh-sungguh, maka Insyaallah semua hajatnya akan terpenuhi.

Untuk itu, rutinkanlah sedekah pada waktu subuh, fokuskan hajat dalam diri dan bekerjakeraslah untuk mendapatannya. Niscaya Allah akan mengabulkan hal tersebut.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top