Menilik Keutamaan di Bulan Syawal

Bulan Ramadhan berakhir, bulan Syawal menyambut. Tentu saja bulan Syawal tidak selalu tentang perayaan hari lebaran. Banyak makna yang dapat kita pelajari dari datangnya bulan Syawal. Mari kita simak penjelasan di bawah ini. 

Keistimewaan Bulan Syawal 

Syawal sendiri berasal dari kata syala yang berarti naik atau meninggi. Oleh karena itu, pada bulan syawal Allah SWT akan menaikan derajat umat islam yang telah menjalankan bulan Ramadhan dengan baik. 

Dianjurkan pula oleh Rasulullah SAW agar tetap meningkatkan ibadah dengan melaksanakan berbagai sunah di bulan Syawal. Inilah yang membuat bulan Syawal sebagai bulan pembuktian taqwa apakah kita dapat tetap mempertahankan ibadah. 

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits: Seperti diceritakan dari Abu Ayyub, Rasulullah SAW berkata, ” Siapa saja yang berpuasa selama Ramadhan kemudian diikuti enam hari saat Syawal maka seperti berpuasa seumur hidup.”  (HR. Ibnu Majah).

Pentingnya Bulan Syawal 

Selain keistimewaan, bulan Syawal menjadi saksi penting bagi sejarah islam. Peristiwa tersebut mempengaruhi perkembangan peradaban Islam. 

  1. Pecahnya Perang Uhud

Perang Uhud terjadi pada 15 Syawal. Perang ini membuat sebanyak 700 pasukan muslim harus bertarung dengan 3.000 pasukan musyrik. Perang yang diabadikan pada surah Al-Imran ayat 21 ini disebut sebagai salah satu ujian ketaatan pada sunnah serta ajaran Rasulullah SAW. 

  1. Perang Hunain

Pada tahun kedelapan Hijriyah bulan Syawal terjadi Perang Hunain yang melibatkan kaum muslim dengan suku Hawazin dan Tsaqif. Dua suku yang berdiam di timur laut Makkah tersebut khawatir akan ikut diserang pihak Muslim setelah Fathul Makkah. 

Perang Hunain berlangsung selama dua pekan setelah Rasulullah berhasil memimpin kaum muslim dalam penaklukan Makkah tanpa melewati pertumpahan darah. Perang ini berakhir dengan kemenangan umat Muslim dengan 12.000 pasukan yang 2000 di antaranya merupakan dukungan dari Quraisy Makkah. 

  1. Pernikahan Rasulullah 

Bulan Syawal kerap menjadi istimewa sebab pada bulan ini Rasulullah SAW melangsungkan pernikahan dengan Ummu Salamah, tepatnya pada tahun kedua bulan Hijriyah setelah Perang Badar. Pernikahan Rasulullah dengan Aisyah juga dilaksanakan di tahun kesepuluh kenabian pada bulan Syawal. 

Dengan melihat keistimewaan dan banyaknya peristiwa penting yang terjadi di bulan Syawal, kita tahu sebagai umat muslim yang baik kita harus menjalankan serta meningkatkan ibadah. Tidak hanya di bulan Ramadhan saja, namun juga pada bulan-bulan berikutnya.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top