Mudik? Ikuti Tips Dibawah Ini Agar Kesehatan Tetap Terjaga

Selain THR, mudik menjadi salah satu tradisi perayaan Idul Fitri yang kerap dilakukan oleh umat islam di Indonesia. Beberapa tahun ke belakang, mudik sempat dilarang karena kondisi pandemi Covid-19 yang saat itu masih sangat menyeramkan. Saat ini, karena pemerintah sudah menjalankan proses vaksinasi, masyarakat pun berbondong-bondong untuk melaksanakan mudik. Namun, meski begitu kita juga tetap harus berhati-hati, ya. Oleh karena itu, simak tips di bawah ini agar perjalanan mudik tetap aman dan nyaman. 

  1. Pastikan Melakukan Vaksin Lengkap 

Seperti yang kita ketahui, sertifikat vaksin kerap menjadi syarat perjalanan. Contohnya seseorang yang hendak naik kereta, wajib setidaknya vaksin dua kali serta melakukan test antigen. Sehingga wajib bagi kita untuk segera melengkapi vaksin sebelum berangkat mudik. Selain itu, jika mudik dilakukan beberapa hari setelah vaksin, dikhawatirkan efeknya akan mengganggu perjalanan tersebut. 

  1. Menyiapkan Perlengkapan Kesehatan 

Kebanyakan pemudik tidak hanya menghabiskan beberapa jam saja di dalam perjalanan. Bahkan, ada yang membutuhkan hingga belasan jam untuk sampai ke kampungnya. Inilah yang membuat perlengkapan kesehatan wajib disiapkan dan dibawa. Perlengkapan tersebut dapat berupa P3K dan obat-obatan pribadi. Apabila kita sering merasa mual saat di perjalanan, jangan lupa untuk membawa obat anti mabuk perjalanan. Pencegahan ini akan berguna agar perjalanan mudik tetap aman dan nyaman.

  1. Memilih Kendaraan yang Tepat 

Apakah kita akan mudik dengan mobil? Motor? Atau transportasi umum seperti kereta, bus, pesawat? Hal tersebut tentu harus direncanakan jauh-jauh hari. Sebab, jika kita memilih menggunakan transportasi umum, artinya kita harus memesan tiket jauh sebelum lebaran tiba. 

Kemudian, apabila kita memilih kendaraan pribadi, ada baiknya untuk mengecek kondisi kendaraan tersebut agar perjalanan mudik kita aman sampai tujuan. 

  1. Menerapkan Protokol Kesehatan 

Meskipun sudah melakukan vaksin lengkap, kita juga tidak boleh lengah dengan virus yang masih bertebaran hingga saat ini. Gunakanlah masker sesuai standar yang ditentukan, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, dan jangan lupa untuk membawa hand sanitizer. Lebih  baik lagi, jika kita mengkonsumsi suplemen kesehatan agar tubuh tidak mudah lemas. 

  1. Bawa Barang Secukupnya 

Membawa barang berlebihan saat melakukan perjalanan mudik, tentu akan menyusahkan diri kita sendiri. Apalagi jika kita memilih menggunakan transportasi umum, selain menyusahkan diri sendiri kita pun turut mempersulit orang lain. Contoh, bawalah baju secukupnya.

  1. Sediakan Waktu Istirahat 

Jika kita mudik menggunakan kendaraan pribadi, kita tidak boleh lupa untuk beristirahat. Kita bisa berhenti sejenak di rest area yang tersedia untuk beribadah, makan, ataupun rebahan kecil mobil. Istirahat merupakan hal yang sangat penting agar tubuh selalu dalam kondisi fit sehingga terhindar dari risiko kecelakaan lalu lintas. 

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat selama melakukan perjalanan mudik. Tentunya, jangan lupa pula untuk tetap melaksanakan ibadah sesuai syariat Allah. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top