Tidak Ingin Sedekah Sia-Sia? Perhatikan Beberapa Hal di Bawah ini!

Catatan: Gambar hanya ilustrasi, tidak ada maksud untuk menjelekkan pihak manapun

Sedekah merupakan amalan yang dijanjikan oleh Allah melipatgandakan kebaikannya hingga sepuluh kali. Namun, terdapat hal-hal yang membuat sedekah sia-sia akibat beberapa alasan.

Caranya yang mudah dan tidak banyak aturan membuat seseorang mudah untuk melakukan sedekah. Selain itu, ganjarannya yang sepuluh kali lipat membuat banyak orang termotivasi untuk melakukannya.

Hanya saja, banyak orang yang melakukan sedekah tapi tidak melakukannya dengan baik. Padahal, Allah telah berfirman sebagai berikut:

“Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri, dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridaan Allah, dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup, sedangkan kamu sedikit pun tidak akan dirugikan.” (QS. Al-Baqarah: 272)

Ayat di atas menegaskan tentang “harta yang baik” dan “di jalan Allah” dalam hal bersedekah. Hal tersebut karena sangat dimungkinkan untuk seseorang bersedekah dari harta yang buruk atau niat yang buruk.

1. Sedekah dari Uang yang Tidak Baik

Sedekah merupakan amalan yang membuat seseorang menyisihkan sebagian hartanya kepada yang lebih membutuhkan.

Meski begitu, bukan berarti setiap harta yang disumbangkan akan dibalas sepuluh kali lipat.

Harta-harta yang berasal dari hal tidak baik tentu saja tidak akan bernilai sedekah oleh Allah SWT.

Contoh uang tidak baik adalah uang hasil curian, korupsi, penggelapan dana, sogokan, riba, gaji dari pekerjaan yang tidak baik, dan lain-lain. Harta hasil kegiatan tersebut yang disedekahkan dalam bentuk apapun tidak akan bernilai di mata Allah.

Sekalipun sedekah jariyah, pahalanya juga tidak akan mengalir tiap kali ada orang yang mengamalkannya karena hartanya tidak didapatkan secara baik.

2. Sedekah dengan Niat yang Tidak Baik

Ketika melakukan sedekah, orang bebas untuk melakukannya atas dasar apapun. Mulai dari dorongan hati, iba, kasihan, atau ikhlas karena Allah, semua dapat dilakukan dan tidak ada yang salah.

Akan tetapi, banyak orang yang bersedekah karena maksud terselubung, misal para pejabat yang membagikan sembako dan uang tunai agar dipilih saat pemilu.

Misalnya juga membangun masjid untuk menggaet simpati masyarakat, atau mengadakan acara untuk menaikkan popularitasnya.

Niat-niat yang menguntungkan diri sendiri tersebut tidak diperkenankan untuk dilakukan saat melakukan sedekah.

Semoga kita semua dapat diberikan kelapangan batin untuk dapat ikhlas kala bersedekah tanpa mengharap apapun, kecuali ridha Allah SWT.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top