Tips Berhemat di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sering kali dianggap dapat memotong anggaran, terutama untuk biaya makanan sebab biasanya kita harus mengeluarkan uang untuk sarapan, makan siang, dan bahkan camilan. Namun, kenyataannya di bulan puasa kita terkadang lebih banyak mengeluarkan uang yang disebabkan oleh rasa kalap mata saat melihat berbagai macam hidangan. Belum lagi undangan buka bersama yang membuat kita harus merogoh kantong lebih dalam. 

Nah, agar tidak lonjakan pengeluaran di bulan Ramadhan tidak terjadi terus-menerus, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan. 

  1. Membatasi Acara Buka Bersama 

Buka bersama kerap menjadi ajang untuk silaturahmi dengan keluarga ataupun teman-teman lalu, namun jika kita terus-menerus menuruti keinginan untuk buka bersama di luar, tentu akan membuat pengeluaran kita membengkak. Oleh karena itu, kita harus mengatur jadwal berbuka puasa di luar dengan baik dan tentunya menentukan budget sesuai dengan kantong kita. 

  1. Membuat Daftar Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Untuk menjaga ketahanan tubuh saat puasa, kita harus menyantap asupan yang bergizi dan menyehatkan, namun jangan lupa menghitung setiap pengeluaran untuk berbagai menu. Catat menu yang akan disajikan beserta bahan-bahan yang dibutuhkan. Kita juga dianjurkan untuk mencantumkan jumlah makanan yang dibutuhkan agar dapat mengetahui estimasi pengeluaran dan menentukan budget terbaik. 

  1. Hindari Membeli Banyak Makanan di Luar 

Salah satu penyebab membengkaknya pengeluaran di bulan Ramadhan adalah sikap konsumtif yang ditimbulkan dari rasa kalap mata. Contohnya, saat ngabuburit kita sering melihat banyak makanan dijajakan dan tidak bisa menahan nafsu untuk membelinya, sebab semua makanan terlihat lezat ketika sedang berpuasa. 

Untuk menghindari hal tersebut, kita dapat mengganti kegiatan ngabuburit dengan memasak makanan sendiri. Selain dapat menghemat pengeluaran, kegiatan tersebut membuat waktu berbuka puasa terasa lebih cepat. 

  1. Tidak Perlu Membeli Baju Baru 

Sebagai umat muslim di Indonesia, kita tahu bahwa Ramadhan dan Idul Fitri kental dengan tradisi membeli baju baru yang tentu saja membuat pengeluaran kita lumayan membengkak. Padahal untuk merayakan Idul Fitri kita tidak perlu membeli baju baru, cukup menggunakan baju yang sudah ada dan bersih atau kita bisa memodifikasi baju tersebut agar terkesan baru. 

  1. Membuat Kue Lebaran Sendiri 

Selain THR, kue lebaran menjadi hal yang ditunggu-tunggu saat umat islam merayakan lebaran. Sayangnya, kue lebaran yang dijual di pasaran dengan harga fantastis membuat kantong kita kering. Solusinya adalah kita dapat membuat kue lebaran sendiri dengan melihat resep-resep yang tersedia di internet. Selain menghemat pengeluaran, membuat kue sendiri dapat menumbuhkan kreativitas dan dapat menjadi ajang ngabuburit di rumah. 

Itulah beberapa tips-tips yang dapat kita lakukan untuk menghemat pengeluaran di bulan Ramadhan. Jangan sampai kita terlalu larut dalam euforianya sehingga melupakan kebutuhan-kebutuhan lainnya dan esensi dari bulan Ramadhan itu sendiri. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top