Tips Membersihkan Rumah Jelang Lebaran

Saat ini bulan Ramadhan hampir memasuki 10 hari terakhir. Tentu saja, sebagai umat muslim yang baik kita harus lebih giat beribadah. Seperti yang telah diketahui, bahwa 10 hari terakhir di bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk mencari ladang pahala.

Oleh karena itu, agar ibadah kita semakin nyaman alangkah baiknya bila kita membersihkan rumah. Apa lagi, lebaran sudah hampir tiba. Membersihkan rumah pun menjadi suatu kewajiban yang tidak boleh dilupakan. Satu lagi, niatkan kegiatan membersihkan rumah sebagai ibadah agar saat melakukannya hati kita terasa lebih ikhlas. 

Selain itu, untuk memudahkan kegiatan rumah ada beberapa tips yang dapat kita lakukan. Yuk, kita simak tipsnya! 

  1. Siapkan Alat-alat Pembersih 

Sebelum mulai membersihkan rumah, tentu kita membutuhkan alat-alat pembersih. Kita bisa mulai mengumpulkan alat-alat rumah tangga seperti sapu, kain pel, cairan pembersih, lap, dan lain-lain. 

  1. Membagi Tugas 

Membersihkan rumah tentu saja membutuhkan tenaga yang lumayan ekstra, apalagi di bulan puasa.  Nah, untuk meringankannya kita dapat membagi tugas dengan beberapa anggota keluarga. Bagilah sesuai dengan porsinya masing-masing. Contoh, apabila dalam keluarga terdapat adik yang masih kecil, berilah tugas yang tidak terlalu berat seperti mengelap meja, jendela, dan sebagainya. 

Selain meringankan, membagi tugas membersihkan rumah dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga serta menjadi ajang ngabuburit sebelum buka puasa. 

  1. Bersihkan Dapur 

Selama bulan Ramadhan, dapur menjadi tempat yang paling sering digunakan. Ya, sebab dapur adalah tempat mengolah asupan-asupan bergizi untuk berbuka puasa dan sahur. Oleh karena itu, dapur menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan saat membersihkan rumah. 

Kita bisa memulainya dengan mencuci piring. Untuk meringankan, kita bisa mencuci piring langsung setelah makan agar tidak ada piring kotor yang menumpuk. 

Setelah cuci piring kita bisa mengelap keramik-keramik di dapur yang mungkin terkena cipratan minyak, bahan masakan, dan lain-lain menggunakan cairan khusus. Kemudian, jangan lupa membuang sampah yang ada di dapur sebab sampah yang menumpuk akan menimbulkan bau tidak sedap. 

  1. Bersihkan teras dan ruang tamu 

Teras dan ruang tamu wajib dibersihkan sebab saat lebaran tentunya kita akan menyambut keluarga ataupun tetangga yang bersilaturahmi. 

Teras menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh tamu, sehingga alangkah baiknya jika kita mulai menyapu debu-debu yang hinggap di teras, atau bisa juga mencabuti rumput liar apabila rumah kita memiliki halaman depan. 

Sedangkan ruang tamu merupakan tempat yang nantinya digunakan untuk bercengkrama, sehingga sebagai tuan rumah kita harus membuat ruang tamu menjadi bersih dan nyaman. 

  1. Membersihkan ruang ibadah 

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa tidak hanya lebaran saja yang perlu kita soroti, tapi juga 10 hari terakhir ramadhan. Artinya, meski bulan Ramadhan hampir selesai kita harus tetap mengencangkan ibadah. 

Nah, untuk mendukung hal tersebut, ada baiknya kita turut membersihkan ruang ibadah yang setiap hari digunakan untuk sholat, bertilawah, dan kegiatan ibadah lainnya. Jika ruangannya nyaman, ibadah pun akan semakin terasa nyaman bukan? 

Itulah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk membersihkan rumah menjelang hari raya Idul Fitri. Selain itu, sebelum mulai membersihkan rumah jangan lupa untuk meniatkannya sebagai ibadah ya! 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top