Tips Mengolah Daging Qurban

Kali ini kita akan membahas mengenai jenis olahan daging qurban yang bisa dicoba setelah hari raya Idul Adha nanti. 

  1. Gulai Kambing 

Gulai kambing dapat menjadi salah satu pilihan dalam mengolah daging qurban. Apalagi, kebanyakan orang juga menyukai hidangan yang satu ini. Gulai kambing dapat diolah menggunakan daun jeruk, salam, kunyit, santan cair, kecap manis, santan, asam kandis, dan minyak untuk menumis bumbu halus. Untuk bumbu halusnya antara lain jahe, bawang putih, lada, garam, bawang merah, cabai merah keriting, kunyit, kemiri, ketumbar, cengkeh, kapulaga, kayu manis, dan gula pasir.

  1. Rendang 

Siapa yang tidak mengetahui hidangan khas Sumatera Barat yang satu ini. Jika biasanya pada hari raya Idul Fitri kebanyakan orang memasak opor ayam, pada hari raya Idul Adha orang-orang lebih tertarik dengan rendang. Hal itu disebabkan oleh jatah daging yang dari kegiatan qurban. 

Untuk membuat rendang yang lezat, terdapat beberapa bumbu yang tidak boleh dilewatkan yaitu bawang putih, bawang merah, laos, daun kunyit, daun jeruk, jahe, ketumbar, kayu manis, kapulaga, cengkeh, pala, dan asam kandis. Selain itu, kelezatan rendang juga ditentukan oleh proses karamelisasi, proses mengentalnya santan hingga menjadi kering.

  1. Tongseng 

Jika sudah bosan dengan rendang ataupun gulai kambing, tongseng menjadi pilihan yang tepat untuk mengolah jatah daging qurban. Hampir mirip dengan gulai kambing, tongseng merupakan sejenis gulai yang disajikan dengan bumbu tajam. Bedanya, jika pada gulai kambing atau sapi hanya terdapat potongan daging, olahan tongseng menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. 

Untuk membuat tongseng haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, pala, gula, garam, dan merica. Kemudian, tumis bumbu halus dan tambahkan daun kol, cabai rawit, cabai merah, daun bawang, kecap manis, cabai rawit utuh, daun salam, dan jeruk, sereh, dan jahe. Kemudian biarkan mendidih, tambahkan air, dan masukkan daging kambing atau sapi sesuai selera. 

  1. Sate 

Tradisi bakar-bakaran setelah pembagian jatah qurban menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat. Sate merupakan olahan sederhana yang kerap menjadi pilihan kebanyakan orang. Selain rasanya yang lezat, sate tidak membutuhkan bahan-bahan yang terlalu banyak seperti olahan daging lainnya. 

Untuk membuat sate hanya cukup dengan memotong-motong daging sapi atau kambing, kemudian dimarinasi ke dalam saus yang terbuat dari kecap manis, kecap asin, bawang merah, bawang putih, dan mentega. Kemudian tinggal dibakar hingga matang. 

Nah, bagi kalian yang ingin berqurban jangan lupa ya untuk berqurban serta berdonasi bersama Yayasan Sigma. Informasi selengkapnya kunjungi https://yayasansigma.or.id/berdonasi/ 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top