Zakat Mal di Penghujung Tahun: Amal yang Mendatangkan Keberkahan

Zakat mal adalah kewajiban memberikan sebagian harta yang telah dimiliki atau diusahakan selama setahun kepada yang berhak menerimanya, dikenal sebagai muzakki. Salah satu syarat wajib zakat adalah telah berlalu satu haul atau satu tahun Hijriah. Zaman dahulu, perhitungan zakat mal mengacu pada tahun Hijriah, namun di era modern sekarang, banyak yang lebih akrab dengan tahun Masehi. Meski demikian, ulama memberikan kelonggaran dengan memperbolehkan perhitungan zakat mal mengacu pada tahun Masehi.

Zakat Mal di Akhir Tahun:

Pentingnya zakat mal di penghujung tahun tidak hanya terkait dengan kewajiban keagamaan tetapi juga sebagai bentuk amal yang membawa keberkahan. Dalam agama Islam, zakat mal mencakup harta berupa emas/perak, tabungan, hasil perdagangan, investasi, serta harta dari usaha dan perusahaan yang telah dimiliki atau berjalan selama satu tahun (haul).

1. Zakat Emas/Perak

Zakat dikeluarkan atas batangan emas/perak, uang, barang-barang, atau perhiasan wanita yang melebihi kadar nishab dan sudah mencapai haul. Nishab untuk emas adalah 85 gram, sedangkan untuk perak adalah 595 gram. Rumus perhitungannya adalah 2,5% dari nilai harga emas/perak yang melebihi nishab.

2. Zakat Tabungan

Zakat ini dikeluarkan oleh pemilik tabungan atau deposito atas simpanannya yang telah genap setahun dan mencapai kadar nishab. Rumusnya adalah saldo akhir dikurangi bunga (jika di bank konvensional) dengan tarif 2,5%.

3. Zakat Investasi penyewaan aset

Zakat ini dikenakan atas hasil investasi penyewaan aset seperti tanah, gedung, rumah, mesin produksi, alat transportasi, dll. Nishabnya setara dengan nilai 520 kg beras. Zakat dikeluarkan saat mendapatkan hasilnya, dengan tarif 5% untuk penghasilan kotor dan 10% untuk penghasilan bersih.

4. Zakat Perdagangan

Zakat dikeluarkan atas hasil perdagangan atau usaha yang tujuannya mencari keuntungan, dengan syarat memiliki niat berdagang, mencapai nishab, dan haul. Rumusnya melibatkan nilai harga barang yang belum terjual, modal yang diputar, laba, piutang lancar, dan hutang jatuh tempo.

5. Zakat Saham

Zakat dikeluarkan atas nilai saham yang dimiliki yang telah genap setahun dan mencapai nishab. Nishabnya adalah 85 gram emas, dan rumusnya adalah nilai kumulatif riil saham (book value + dividen) dengan tarif 2,5%.

6. Zakat Perdagangan Hewan Ternak

Zakat dikeluarkan dari hasil perdagangan hewan ternak setelah mencapai nishab dan haul. Nishabnya adalah 85 gram emas, dan rumusnya melibatkan laba, modal yang diputar, nilai harga hewan yang belum terjual, piutang, dan hutang jatuh tempo.

7. Zakat Perusahaan

Zakat dikeluarkan oleh perusahaan yang dikelola secara bersama-sama dalam sebuah kelembagaan atau organisasi seperti PT, CV, atau koperasi. Syaratnya adalah kepemilikan dikuasai oleh muslim, bidang usahanya halal, dapat diperhitungkan nilainya, dapat berkembang, dan mencapai nishab. Rumusnya adalah aktiva lancar dikurangi kewajiban jangka pendek dengan tarif 2,5%.

engan melaksanakan zakat mal di akhir tahun, kita tidak hanya memenuhi kewajiban agama tetapi juga membuka pintu keberkahan dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, mari bersihkan harta kita dan tunaikan zakat mal dengan penuh keikhlasan agar akhir tahun ini benar-benar berkah.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top