4 Amalan di Bulan Dzulqa’dah 

Akhirnya, kita memasuki bulan Dzulqa’dah. Apa itu bulan Dzulqa’dah? Jatuh pada tanggal berapa di tahun 2022 ini?

Bulan Dzulqa’dah tahun ini diperkirakan dimulai sejak tanggal 1 Juni kemarin. Bulan ini merupakan bulan ke sebelas dalam tanggalan Hijriyah. Selain itu, Dzulqa’dah menjadi salah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, sebagaimana firmannya: 

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS at-Taubah: 36)

Bulan Dzulqa’dah

Kata Dzulqa’dah sendiri secara etimologi berarti memiliki tempat duduk. Dalam pengertian orang tersebut tidak pergi kemana-mana ia banyak duduk (di kursi). Namun, jika dilihat dari kata qa’da maknanya pun dapat berkembang menjadi pensiun (taqaud). Sehingga berkonotasi orang yang sudah selesai dalam melakukan pekerjaannya atau purna tugas. 

Nah, setelah mengetahui makna dibalik penamaan sebuah bulan di antara Syawal dan Dzulhijjah ini, mari kita menengok 4 keutamaan yang dapat dilakukan di bulan Dzulqa’dah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

  1. Amal Ibadah yang Dilipatgandakan

Ternyata hanya di bulan Ramadhan saja, mengerjakan amalan ibadah di bulan Dzulqa’dah pahalanya akan dilipatgandakan saat di akhirat kelak. Hal tersebut menjadi bukti bahwa bulan ini termasuk bulan suci yang dimuliakan oleh Allah SWT.

2. Merupakan Bulan Haji 

Bulan Dzulqa’dah merupakan salah satu bulan haji atau disebut Asyhrul hajj. Dalam sebuah ayat Al-Quran, Allah SWT berfirman, “musim haji adalah beberapa bulan yang dimaklum.” Ibnu Rajab dalam kitabnya yang berjudul Lathaaiful Ma’arif menyebutkan bahwa Rasulullah SAW melaksanakan ibadah umrah sebanyak empat kali selama bulan-bulan haji. 

3. Dilarang Berperang 

Secara harfiah, Dzulqa’dah memiliki arti penguasa gencatan senjata perang. Dalam Zaadul Masiir disebutkan bahwa mulianya bulan ini sangat pas untuk melakukan amal baik. 

4. Bulan Dijanjikannya Nabi Musa Bertemu dengan Allah SWT 

Pada surat al-A’Raf ayat 142 disebutkan bahwa dalam bulan Dzulhijjah terdapat 30 malam dijanjikannya Nabi Musa bertemu dengan Allah SWT. Sehingga bulan ini merupakan salah satu bulan yang utama untuk melakukan kebaikan. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top