4 Amalan yang Dapat Dilakukan Seorang Muslim pada Hari Jumat

Hari Jumat merupakan hari yang diistimewakan dalam agama Islam. Pada hari tersebut, banyak terjadi hari-hari yang bersejarah, seperti penciptaan Nabi Adam dan terjadinya hari kiamat.

Begitu penting dan istimewanya hari tersebut hingga membuat Allah memberikan kesempatan bagi hamba-Nya untuk melakukan beberapa amalan pada hari Jumat.

Berikut adalah amalan yang dapat dilakukan seorang muslim yang sangat rugi untuk dilewatkan.

1. Memperbanyak Shalawat

Amalan pertama yang dapat dilakukan seorang muslim pada hari Jumat adalah memperbanyak shalawat.

Hal ini dijelaskan melalui Riwayat HR. Baihaqi yang artinya:

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”

2. Membaca Surat Al Kahfi

Amalan kedua yang dapat dilakukan pada hari Jumat adalah membaca surat Al Kahfi. “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

3. Membaca Surat Yasin dan As Saffat

Selain surat Al Kahfi, masih terdapat dua surat lain dalam Alquran yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada hari Jumat, yaitu surat Yasin dan As Saffat.

4. Bersedekah

“Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

Itulah tadi 4 buah amalan yang dapat dilakukan oleh seorang muslim pada hari Jumat.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top