4 Cara Sedekah yang Baik

Sedekah merupakan amalan baik yang dilakukan seseorang kepada orang lain di jalan Allah SWT. Untuk itu, simak juga apa itu sedekah yang baik!

Pada dasarnya, sedekah saja sudah merupakan amalan yang sangat baik. Hal tersebut sangat disenangi oleh Allah dan akan dijanjikan ganjaran yang besarnya sepuluh kali lipat dari kebaikan yang kita lakukan.

Berikut adalah cara bersedekah yang baik berdasarkan Fuad Abdurahman dalam buku Kehebatan Sedekah.

1. Tidak Mengharapkan Balasan

Kita semua mengetahui dan telah membaca bahwa Allah akan membalas kebaikan yang kita lakukan dengan sepuluh kali lipat. Namun, mengharapkan balasan tersebut bukanlah hal yang baik.

Sedekah yang baik adalah sedekah yang ikhlas, semata-mata hanya untuk mengharap keridhoan dari Allah.

2. Sedekah Ketika Sehat

Sedekah yang dilakukan sendiri saat sedang sehat akan jauh lebih baik ketimbang saat seseorang sedang sakit atau sudah meninggal dunia.

3. Sedekah dari Kelebihan Harta

Sedekah yang baik dilakukan jika seseorang sudah terlebih dahulu mencukupi kebutuhannya dan keluarganya.

Rasulullah SAW bersabda, “Hai anak Adam, jika engkau memberikan kelebihan hartamu, itu lebih baik bagimu. Tetapi bila engkau menahannya, akan berbahaya untukmu. Engkau tidak akan tercela atas kesederhanaanmu. Dahulukanlah orang-orang yang menjadi tanggunganmu dan tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.” (HR. Muslim)

4. Sesuai Kemampuan

Bersedekahlah sesuai dengan kemampuan masing-masing, tidak perlu memaksakan untuk bersedekah yang melebihi kemampuan karena akan membebankan diri sendiri.

Itu tadi adalah 4 cara melakukan sedekah yang baik, semoga kita semua selalu diberikan harta yang berlebih untuk dapat disedekahkan di jalan Allah SWT.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top