5 Buah Kaya Manfaat yang Tercantum dalam Al-Quran

Kartanegara menyebutkan dalam bukunya yang berjudul Reaktualisasi Tradisi Ilmiah Islam, Alquran adalah kitab induk, rujukan utama bagi segala rujukan, sumber dari segala sumber, basis bagi segala sains dan ilmu pengetahuan. Alquran adalah buku induk ilmu pengetahuan, di mana tidak ada satu perkara apapun yang terlewatkan, semuanya telah diatur di dalamnya, baik yang berhubungan dengan Allah (hablum minallah) sesama manusia (hablum minannas) alam, lingkungan, ilmu aqidah, ilmu sosial, ilmu alam, ilmu empiris, ilmu agama, umum dan sebagainya (dalam QS Al An’am: 38). 

Dengan melihat pengertian tersebut, kita tahu bahwa Al-Quran merupakan sumber dari segala pengetahuan. Salah satunya yakni mengenai buah-buahan. Di dalam Al-Quran, tercantum buah-buahan yang diyakini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Mari kita simak satu-persatu. 

  1. Kurma

Tentu saja kita mengenal buah yang kerap dijadikan makanan untuk berbuka. Ya, kurma. Kurma merupakan salah satu buah yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW, hal ini menyebabkan kurma tercantum sebanyak 20 kali di dalam Al-Quran. Seperti dalam Surat Ar-Rad, Maryam, Al-Baqarah, Al-Hasyr, dan Qaaf. 

Selain itu, buah satu ini juga mengandung banyak serat serta antioksidan flavonoid. Antioksidan ini dipercaya dapat mengatasi resiko diabetes, beberapa jenis kanker, dan alzheimer. 

  1. Tin 

“Wat-tiini Waz-Zaitun” 

Sebagai umat muslim, kita tentu tidak asing dengan salah satu penggalan ayat surat At-Tin. Ya, surat At-Tin secara khusus membahas mengenai buah tin atau ara yang dianggap sebagai makanan lezat serta dapat dinikmati dalam keadaan dikeringkan maupun segar. Selain itu, buah ini memiliki cita rasa yang manis dan berair ketika matang. 

Tidak hanya terkenal akan kelezatannya, buah tin memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Buah ini dipercaya sebagai sumber mineral, vitamin, dan antioksidan yang sangat tinggi. Buah tin juga mengandung kalori yang rendah, banyak gizi, serta tidak memiliki lemak yang tinggi. Hebatnya lagi, buah tin juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, K, kalium, magnesium, zat besi, dan tembaga. 

  1. Anggur 

Selain kurma dan tin, ternyata anggur kerap menjadi buah yang tercantum dalam Al-Quran sebanyak 14 kali. Salah satunya tercantum dalam surat Al-Muminun ayat 19. Anggur memiliki manfaat berupa hidrasi yang kuat, menambah kandungan zat besi serta mineral dalam tubuh, dan mengatur sistem pencernaan. Selain itu, anggur juga membantu meningkatkan produksi darah karenanya tingginya kadar zat besi dan gula. 

  1. Pisang 

Pisang dianggap sebagai buah surga. Buah yang disebutkan dalam surat Al-Waqiah ini memiliki banyak manfaat, di antaranya menurunkan tekanan darah, membantu mengatur sistem pencernaan, mengatur keseimbangan berat badan. Tak hanya itu, pisang juga dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh serta memiliki senyawa antioksidan yang dapat mengatur fungsi ginjal. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top