5 Hikmah Qurban Idul Adha

Menjelang hari raya Idul Adha, sebagai umat muslim kita harus menyambutnya dengan suka cita. Tentunya dengan mengingat segala kewajiban yang harus dipersiapkan agar ibadah menjelang hari raya maupun saat Idul Adha menjadi lebih maksimal, seperti bersiap-siap puasana sunnah dan berqurban.

Seperti yang kita ketahui, qurban merupakan salah satu ibadah yang dicintai oleh Allah SWT dan menjadi wajib bagi umat muslim yang mampu melaksanakannya. Selain itu, qurban juga mendatangkan banyak hikmah bagi kehidupan umat muslim. Berikut penjelasannya.

  1. Mencapai Taqwa

Ibadah qurban dapat menjadi sarana untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Sebagaimana firman Allah dalam surah Al- Hajj “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi dari ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya” (Q.S Al-Hajj:37)     

2. Sebagai Bentuk Rasa Syukur kepada Allah SWT

Sebagai umat muslim, bersyukur kepada Allah SWT merupakan hal yang wajib. Bersyukur dapat dilakukan dengan segala cara, seperti berterima kasih kepada Sang Pencipta dengan berdoa, bersedekah, dan juga berqurban. Seperti yang tercantum dalam surah Al-Baqarah ayat 152, yang mana artinya “ Allah akan selalu mengingat (kamu), karena kamu selalu mengingat akan nikmat dan ingin mengingkarinya.

3. Meneladani Ketataan Nabi Ibrahim AS

Kita pasti tahu asal-usul dari diwajibkannya ibadah qurban. Ya, ibadah qurban berawal dari ketaatan Nabi Ibrahim AS atas Allah SWT yang memerintahkan beliau untuk menyembelih anaknya sendiri, yakni Nabi Ismail AS. Meskipun Nabi Ismail adalah anak satu-satunya, Nabi Ibrahim tetap menjalankan perintah Allah demi ketaatannya. Berkat itu, Allah SWT pun mengganti wujud Nabi Ibrahim menjadi seekor kambing.

4. Membahagiakan Kaum Dhuafa

Membahagiakan orang lain tentu dapat membuat hati kita turut bahagia dan menjadi tenang. Islam kerap mengajarkan kepada kita agar senantiasa berbagi kepada orang yang membutuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berqurban, yakni dengan membagi-bagikan daging sapi atau kambing kepada kaum dhuafa.

5. Sebagai Bentuk Syiar Islam

Qurban merupakan salah satu wujud dari syiar Islam dan merupakan tanda bahwa kita bertaqwa kepada AllaH SWT.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top