Adab Bersedekah dalam Islam

Dalam bersedekah, kita tidak hanya memperhatikan apa dan siapa yang akan kita berikan. Namun, sedekah juga memiliki adab-adab tertentu dalam pelaksanaannya. Adab sedekah ini niscaya membantu kita untuk mencapai keutamaan ibadah sedekah. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui apa saja yang termasuk adab bersedekah.

  1. Lakukan dengan Niat Tulus

Dalam bersedekah dibutuhkan hati yang tulus tanpa mengharap imbalan ataupun pujian. Niatkanlah sedekah yang kita lakukan sebagai sarana agar lebih dekat dengan Allah SWT.

2. Lakukan Sedekah Sesuai dengan Kemampuan

Sedekah memang merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Namun, sebelum bersedekah kita harus mengetahui kemampuan masing-masing. Apakah kita sudah bisa memenuhi kebutuhan sendiri? Lakukanlah sedekah sesuai dengan kemampuan, sehingga tidak ada perasaan yang mengganjal saat bersedekah.

bersedekah kepada sesama

3. Hindari Mengungkit Sedekah yang Diberikan

Mengungkit sedekah yang telah kita berikan merupakan tindakan yang harus dihindari. Sebab hal tersebut akan membuat kita menunjukan kerendahan akhlak.

4. Berikan Sedekah kepada Orang Terdekat

Menebar sedekah tidak hanya dapat dilakukan kepada fakir miskin atau kaum duafa saja. Sebelum itu, kita juga harus memastikan bahwa orang terdekat kita, seperti orang tua dan anggota keluarga lainnya tidak merasa kekurangan. Setelah bersedekah kepada mereka, barulah kita bisa menebarkan sedekah kepada orang-orang lain yang juga membutuhkan.

5. Lakukan Sedekah dengan Diam-diam

Melakukan sedekah secara sembunyi-sembunyi dapat membuat kita terhindar dari perbuatan riya’. Selain membuat diri kita buruk di mata Allah, riya’ juga dapat menimbulkan rasa iri dan kebencian dari orang-orang di sekitar kita, sehingga hati kita pun ikut terusik. Oleh karena itu, lakukanlah sedekah dengan diam-diam.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top