Adab Menuntut Ilmu

Sebagai umat muslim, kita pasti tahu menuntut ilmu merupakan hal yang wajib dilakukan. Sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadist Rasulullah SAW:

مَنْخَرَجَفِىطَلَبُالْعِلْمِفَهُوَفِىسَبِيْلِاللهِحَتَّىيَرْجِعَ

Artinya: “Barangsiapa yang keluar untuk menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang,” (HR Tirmidzi).

Berdasarkan hadits tersebut dapat kita ketahui bahwa dalam Islam, menuntut ilmu memiliki banyak keutamaan jika dilakukan dengan baik dan benar. Oleh karena itu, terdapat adab-adab menuntut ilmu dalam Islam yang wajib kita laksanakan agar kegiatan tersebut menjadi berkah. Berikut penjelasannya.

  1. Menetapkan Niat

Seperti kegiatan lainnya, dalam hal menuntut ilmu kita juga wajib menetapkan niat. Sebab, niat baik akan mempengaruhi kualitas ilmu. Selain itu, sebaik-baiknya menuntut ilmu adalah yang dilakukan atas ridho Allah, bukan karena penghargaan dari manusia.

Rasulullah SAW mengingatkan kepada para umatnya mengenai pentingnya niat dalam hadits yang berbunyi:

إنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إلَى مَا هَاجَرَ إلَيْهِ

Artinya: “Sebuah perbuatan dinilai berdasarkan motivasinya (niyyah), dan tiap orang mendapatkan apa yang diniatkan. Mereka yang hijrah karena Allah dan RasulNya maka Allah SWT dan RasulNya akan membalas orang tersebut, namun mereka yang hijrah karena hal yang bersifat duniawi atau wanita yang akan dinikahi maka dia akan mendapatkan hal tersebut.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Lakukan Ihsan atau Usaha Terbaik

Setelah menetapkan niat atas ridho Allah, hal yang harus kita lakukan adalah menuntut ilmu. Jika kita melakukan yang terbaik maka hasil yang didapat juga akan memuaskan, sebagaimana dituangkan dalam hadits Rasulullah SAW:

إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذِّبْحَةَ وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ وَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ

Artinya: “Sungguh Allah SWT telah menetapkan ihsan dalam segala hal. Jika kalian berperang maka lakukanlah yang terbaik. Jika sedang menyembelih hewan maka lakukan juga usaha terbaik. Salah satu dari kalian mengasah pisaunya, sedangkan yang lain menenangkan hewan yang akan disembelih.” (HR Tirmidzi).

3. Bertawakal

Setelah melakukan usaha terbaik, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah bertawakal. Sebagaimana dituangkan dalam hadits Rasulullah SAW:

لَوْ أَنَّكُمْ تَوَكَّلْتُمْ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ، تَغْدُوا خِمَاصاً وَتَرُوْحُ بِطَاناً

“Sungguh seandainya kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, niscaya kalian akan diberi rezeki sebagaimana rezekinya burung-burung. Mereka berangkat pagi hari dalam keadaan lapar, dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang”

(HR Imam Ahmad, At-Tirmidzi, Al-Hakim, Ibnu Hibban, dan Al-Mubarak dari Umar bin Khathab).

4. Berdoa Agar Terhindar dari Kemalasan dan Kesulitan

Kemalasan menjadi salah satu penghambat saat kita menuntut ilmu. Berikut adalah doa agar terhindar dari kemalasan dan kesulitan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari kecemasan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, sesat dan pengecut, beban hutang dan dari penguasaan manusia.”

5. Mengamalkan Ilmu

Rasanya sia-sia jika ilmu hanya ditanamkan dalam otak, satu hal yang penting untuk kita lakukan setelah memiliki bekal ilmu adalah dengan mengamalkannya. Selain itu, keutamaan seseorang yang berilmu dalam Islam diukur dengan seberapa besar ia mengamalkannya, bukan seberapa banyak ilmu yang ia miliki. Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Celakalah orang yang tidak berilmu, dan celaka (pula) orang yang berilmu namun tidak mengamalkannya,” (HR Abu Nu’im).

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top