Adab Minum Air Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Air putih memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah menyehatkan tubuh dan berguna untuk menyembuhkan penyakit. Tentunya, manusia juga membutuhkan air agar tubuh tidak dehidrasi. Namun, beberapa orang banyak yang belum tahu mengenai abad minum air sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Berikut penjelasannya: 

  1. Niat

Jika kita menanamkan niat dalam hati saat minum air, niscaya air tersebut juga akan memberikan manfaat seperti yang kita harapkan, seperti menyehatkan tubuh ataupun menyembuhkan penyakit. 

  1. Baca Doa

Sama seperti makan, ketika minum air kita pun wajib membaca doa. Quraish Shihab mengatakan bahwa doa adalah permohonan seorang hamba kepada Tuhan agar memperoleh anugerah pemeliharaan dan pertolongan. Baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain yang sedang didoakannya. Oleh karena itu, agar air yang kita minum menimbulkan kebaikan dan manfaat maka harus disertai dengan mengucapkan doa. 

  1. Menggunakan Tangan Kanan 

Menggunakan tangan kanan saat minum akan melahirkan berkah dan manfaat yang tiada tara. 

  1. Tidak bernafas dan meniup air minum

Rasulullah ﷺ bersabda yang artinya: “Jika kalian minum, maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam Nawawi mengatakan, “Larangan bernafas dalam wadah air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum atau menimbulkan bau yang tidak enak atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu.”

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu juga mengatakan, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam minum beliau mengambil nafas di luar wadah air minum sebanyak tiga kali.” Dan beliau bersabda, “Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat.”

  1. Bersyukur 

Seperti yang kita ketahui, semua pemberian di dunia ini merupakan rezeki dan anugerah dari Allah SWT. Air adalah satu hal yang patut disyukuri, mengingat masih banyak orang-orang di luar sana yang kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Oleh karena itu kita harus selalu mensyukurinya dan jangan sekali-sekali mencela air minum. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top