Apakah Kita Diperbolehkan Makan Daging Qurban Sendiri?

Kita pasti bertanya-tanya, apakah boleh memakan daging dari hewan yang kita kurbankan sendiri, namun sebelumnya kita perlu mengetahui bahwa terdapat dua hukum dalam pelaksanaan Qurban. Pertama, adalah qurban yang dilakukan atas dasar sunnah muakad. Kedua, adalah qurban wajib yang disebabkan karena nazar. 

  1. Qurban Sunnah

Seseorang yang melaksanakan qurban karena sunnah, diperbolehkan memakan daging sembelihannya. Pada kategori ini justru dianjurkan untuk mengkonsumsi daging hewan yang dikurbankan, sebanyak satu hingga tiga suap. 

Hukum Ini sesuai dengan firman Allah SWT di surah Al-Hajj ayat 36:

“Dan unta-unta itu Kami jadikan untuk-mu bagian dari syiar agama Allah, kamu banyak memperoleh kebaikan padanya. Maka sebutlah nama Allah (ketika kamu akan menyembelihnya) dalam keadaan berdiri (dan kaki-kaki telah terikat). Kemudian apabila telah rebah (mati), maka makanlah sebagiannya dan berilah makanlah orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami tundukkan (unta-unta itu) untukmu, agar kamu bersyukur,” (QS. Al-Hajj [22]: 36).

  1. Qurban Wajib

Sedangkan seseorang yang melaksanakan qurban karena nazar (qurban wajib) sedikitpun tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi daging sembelihannya sendiri. Tidak hanya untuk yang  berqurban saja, larangan ini pun berlaku untuk keluarga dari sang pengqurban. 

Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha, seorang ulama dari Mazhab Syafi’i, dalam kitab Hasyiyah I’anah at-Thalibin menjelaskan: “Haram mengkonsumsi kurban dan hadiah yang wajib sebab nazar. Maksudnya, haram bagi orang yang berkurban dan memberi hadiah, mengonsumsi daging kurban dan hadiah yang wajib sebab nazar. Maka [dia] wajib menyedekahkan seluruhnya, termasuk tanduk dan kuku hewan. Jika dia mengonsumsi sebagian dari hewan tersebut, maka wajib menggantinya dan diberikan pada orang fakir,” (Juz 2, hlm. 378).

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top