Atasi Sakit Kepala Saat Berpuasa

Puasa merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan umat muslim. Di tengah semangat yang membara saat menjalankan puasa sering kali timbul rasa sakit yang muncul di kepala. Sakit kepala itu dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mengutip dari Migrain Trust, rasa sakit kepala saat berpuasa merupakan akibat dari tubuh yang menahan lapar serta dahaga.

sakit kepala saat berpuasa

Selain itu, orang yang berpuasa di tengah cuaca panas dan waktu yang panjang lebih rentan mengalami sakit kepala. Biasanya, sakit kepala ini timbul akibat kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein yang harus berhenti di bulan Ramadhan. Tak hanya itu, rasa pusing juga dapat disebabkan karena dehidrasi serta kekurangan kadar gula.

Nah, untuk menghindari hal tersebut agar puasa kita semakin maksimal, yuk, simak beberapa cara atasi rasa pusing saat berpuasa.

  1. Menjaga kadar gula darah

Bagaimana cara tubuh kita agar mampu menjaga kadar gula darah saat berpuasa? Jawabannya adalah: mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula rendah sebelum berpuasa atau saat sahur. Makanan dan minuman dengan kadar gula yang rendah dapat mencegah proses naik turunnya gula darah saat berpuasa. Sebab, hal itulah yang mengakibatkan rasa pusing di kepala kita.

Beberapa asupan rendah gula yang dapat dikonsumsi contohnya adalah biji-bijian, sereal, dan nasi merah. Selain itu, kita juga dapat mencoba yoghurt buah, sayur-sayuran, buah-buahan, serta kacang-kacangan.

2. Jaga kualitas tidur

Menjaga kualitas tidur dapat membantu mencegah datangnya rasa sakit di kepala. Seperti yang kita tahu, saat berpuasa jam tidur kita berkurang karena harus bangun lebih awal untuk sahur. Jangan khawatir, kita tetap bisa melaksanakan ibadah-ibadah tersebut, kok. Caranya adalah dengan memanfaatkan waktu istirahat siang untuk tidur sejenak. Namun, perlu digarisbawahi untuk tidak tidur dengan berlebihan, cukup 30 menit saja.

3. Menjaga cairan

Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air. Inilah yang menyebabkan otak secara otomatis saat kekurangan air akan menghasilkan histamin. Keluarnya histamin merupakan reaksi alami yang berguna untuk melindungi otak agar tidak kehabisan air. Namun, pengeluaran histamin ini kerap menyebabkan kepala menjadi sakit. Oleh karena itu, kita perlu menjaga persediaan air saat berpuasa. Salah satu caranya adalah dengan minum air putih kurang lebih delapan gelas, baik saat sahur maupun berbuka puasa. Selain itu, kita dapat menambah cairan tubuh dengan mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air.

4. Mengonsumsi kafein

Tips ini khusus untuk orang yang terbiasa mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein seperti teh dan kopi. Saat berpuasa, tentunya kita tidak bisa melakukan kebiasaan tersebut. Nah, untuk mengatasinya cobalah untuk mengubah pola konsumsi kafein. Contohnya, kita dapat minum teh dan kopi setelah berbuka puasa. Namun, perlu diperhatikan pula kadarnya, jangan terlalu banyak serta tidak diperkenankan untuk mengonsumsi minuman berkafein mendekati jadwal tidur.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa sakit kepala yang timbul saat berpuasa. Semoga dengan melakukan tips-tips di atas tubuh kita akan semakin kuat dan semangat dalam menjalani bulan Ramadhan.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top