Berikut 5 Syarat Hewan Boleh Diqurbankan 

Qurban merupakan ibadah yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, dalam memilih hewan qurban harus benar-benar sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. 

Ibnu Katsir menafsirkan, “Maka kerjakanlah shalat fardu dan salat sunatmu dengan ikhlas karena Allah dan dalam semua gerakmu. Sembahlah Dia semata, tiada sekutu bagi-Nya dan sembelihlah qurbanmu dengan menyebut nama-Nya semata, tiada sekutu bagi-Nya.”

  1. Jenis Hewan Qurban 

Hewan yang diqurbankan harus merupakan hewan ternak. Contohnya sapi, kerbau, unta, ataupun kambing. 

  1. Usia Hewan Qurban 

Setelah menentukan hewan apa yang akan disembelih, kita harus mencari tahu apakah hewan tersebut mencapai usia yang telah disyariatkan Islam. Berikut adalah usia hewan yang boleh dijadikan qurban: 

  • Unta minimal berusia 5 tahun dan telah masuk tahun ke-6
  • Sapi minimal berusia 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3
  • Domba berusia 1 tahun atau minimal berusia 6 bulan bagi yang sulit mendapatkan domba berusia 1 tahun. Sedangkan kambing minimal berusia 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2
  1. Sehat, Tidak Cacat 

Hewan yang disembelih haruslah memiliki kondisi yang sehat dan tidak cacat. Rasulullah SAW menjelaskan lebih detail mengenai beberapa hal yang tidak boleh ada pada hewan qurban, seperti jangan memilih hewan yang buta sebelah, pincang, sakit, sangat kurus, dan tidak mempunyai tulang sumsum. Kita wajib memilih hewan qurban yang sehat. 

  1. Milik Sendiri 

Meskipun berqurban merupakan ibadah yang sangat dimuliakan, namun ibadah ini dianjurkan untuk orang yang memang memiliki kemampuan. Sebab, apabila hewan qurban merupakan hasil curian atau milik orang lain maka ibadah tersebut menjadi tidak sah. Selain itu, juga tidak diperbolehkan berqurban dengan hewan hasil warisan. 

  1. Penyembelihan Hewan Qurban 

Waktu penyembelihan hewan harus sesuai dengan yang disyariatkan. Menurut Ibnu Rusyd dari Madzhab Maliki didukung oleh Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah, dan Imam lainnya, penyembelihan dilakukan setelah salat Idul Adha. Dengan batas penyembelihannya adalah terbenam matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top