Bersedekah dengan Uang Haram? Bolehkah?

Selain merupakan ibadah yang istimewa di sisi Allah, sedekah merupakan hal terpuji yang dapat membantu kehidupan orang lain. Meskipun sangat istimewa, namun kita tetap harus memperhatikan mengenai asal usul uang atau sesuatu yang disedekahkan tersebut. Apakah halal? Apakah haram? Jika halal berarti kita bisa langsung menyedekahkannya ke orang yang membutuhkan, namun bagaimana hukumnya bersedekah dengan uang haram? Beberapa orang mengungkapkan sah-sah saja, namun beberapa ulama mengibaratkan hal tersebut dengan mencuci pakaian dengan air kencing. 

Contoh yang dapat dilihat misalnya bersedekah dengan uang hasil riba, menyantuni anak yatim dengan uang hasil korupsi, dan lain-lain. Meski yang dikerjakan terlihat sangat baik, ternyata hal ini dapat membuat kita masuk neraka. Rasulullah bersabda, “Seorang hamba memperoleh harta haram lalu menginfakkannya seolah-olah diberkahi dan menyedekahkannya semua hartanya seolah-olah diterima melainkan usahanya itu makin mendorongnya masuk ke neraka, sesungguhnya Allah tidak akan menghapuskan keburukan dengan keburukan, akan tetapi menghapuskan keburukan dengan kebaikan; sesungguhnya kenistaan tidak akan menghapuskan kenistaan.” (Musnad Ahmad 1/387).

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu thoyyib (baik). Allah tidak akan menerima sesuatu melainkan dari yang thoyyib (baik)” (HR. Muslim no. 1015). Berdasarkan hadits tersebut kita dapat mengetahui bahwa Allah tidak menerima sedekah selain yang baik. 

Tentu saja Allah SWT tidak menerima sedekah tersebut, sebab Allah SWT adalah Maha Suci yang akan menerima hal suci saja. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Tidaklah diterima shalat tanpa bersuci, tidak pula sedekah dari ghulul (harta haram)” (HR. Muslim no. 224). 

Ghulul sendiri merupakan harta yang memiliki kaitan dengan orang lain, seperti hasil dari mencuri. Oleh karena itu, janganlah kita bersedekah dengan uang haram dan menghalalkan tersebut dengan dalih membantu seseorang. Sebab hal itu malah akan membuat kita masuk neraka. Sedekahlah dengan cara halal sehingga berkah pun akan datang ke kehidupan kita. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top