Cara Menjauhkan Rumah dari Setan

Memiliki rumah yang nyaman menjadi impian semua orang. Hal itu tidak dapat dipungkiri sebab rumah merupakan tempat berlangsungnya banyak aktivitas, dari mulai beristirahat, tidur, makan, berkumpul dengan keluarga, dan masih banyak lagi. Sebagai pemilik rumah, kita harus senantiasa menciptakan lingkungan rumah yang nyaman, tentunya dengan mengikuti cara yang dianjurkan Rasulullah SAW. Dengan mengikuti anjuran beliau, niscaya rumah kita akan dijauhkan dari setan yang dapat memicu konflik dalam keluarga. Berikut adalah cara ampuh agar rumah kita terhindar dari setan:

  1. Membaca Basmallah dan Mengucapkan Salam

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mengusir setan dari rumah adalah dengan membaca basmallah dan mengucapkan salam sebelum masuk ke dalam rumah. Hal ini disebutkan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits:

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim dan Abu Daud).

2. Rajin Bertilawah, Utamakan Surat Al-Baqarah

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim & At-Turmudzi). Berdasarkan hadits tersebut dapat diketahui bahwa setan akan menghindari rumah yang sering dibacakan Al-Qur’an, terutama Surat Al-Baqarah.

Apabila tidak pernah dibacakan Al-Qur’an atau dishalati rumah pun akan terasa seperti kuburan. Oleh karena itu, rajin-rajinlah untuk bertilawah agar setan menjauhi rumah kita.

3. Membaca masyaa-Allah, laa quwwata illaa billaah pada surat Al-Kahfi ayat 39.

Allah SWT berfirman dalam ayat di atas, bahwa: “Mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu ‘maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah’ (Sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan.” (QS. Al-Kahfi: 39)

4. Tutup Pintu Rumah dengan Membaca Basmalah

Menutup pintu disertai melantunkan basmalah akan membuat setan tidak ikut masuk ke dalam rumah. Dari Jabir bin Abdillah RA, Nabi Muhammad SAW memberikan anjuran agar rumah tidak mudah diganggu setan. Salah satunya disebutkan dalam hadis berikut, “Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah).” (HR. Bukhari & Muslim)

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top