Hidangan Unik Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Memasuki bulan suci Ramadhan hari ke 20, sebagai umat muslim tentunya kita harus semakin mengencangkan ibadah. Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat berbagai macam keutamaan ibadah pada 10 hari terakhir Ramadhan. Selain itu, hampir berakhirnya Ramadhan juga menjadi pertanda datangnya Hari Raya Idul Fitri yang semakin dekat. 

Secara istilah, Idul Fitri berarti hari raya kemenangan dimana umat muslim merayakannya dengan kembali berbuka puasa atau makan. Membaca pengertian tersebut, sudah pasti otak kita langsung membayangkan opor yang lezat buatan Ibu. Ya, opor merupakan salah satu hidangan khas hari raya di Indonesia.

Lantas, apa hanya negara Indonesia saja yang memiliki hidangan khas sendiri? Tentu saja tidak, umat muslim di seluruh dunia tentu juga memiliki hidangan khas yang menjadi bentuk perayaan mereka terhadap hari lebaran. Yuk, simak berbagai hidangan khas lebaran dari berbagai negara di dunia! 

(gambar lokum, source)

  1. Lokum 

Lokum merupakan kudapan manis yang berasal dari Turki. Biasanya, kudapan ini disajikan pada hari lebaran. Kudapan dengan bentuk kubus ini terbuat dari campuran tepung beras yang dimasak sampai berubah bentuk menjadi jeli. 

Memiliki tekstur yang lengket, kudapan khas lebaran ini kerap ditaburi dengan kacang di bagian luar agar tercipta sensasi antara gurih dan manis. Selain itu, walaupun lokum berbentuk kecil, belum tentu kita bisa memakannya terus-menerus ya. Sebab, kudapan ini teksturnya padat dan kenyal yang membuat perut kita cepat kenyang. 

(gambar bolani, source)

  1. Bolani 

Selanjutnya terdapat hidangan khas lebaran asal Afghanistan yang bernama Bolani. Bolani merupakan salah satu makanan ringan yang disajikan masyarakat Afghanistan saat lebaran. Dengan cita rasa yang gurih dan asin, hidangan ini terbuat dari lembaran adonan tipis berisi sayuran, daun bawang, labu, dan kentang. Hmm, kalau di Indonesia mirip-mirip martabak, ya. 

Cara memasak Bolani adalah dengan digoreng menggunakan minyak panas sehingga teksturnya renyah serta kecoklatan. Hidangan ini lebih enak disantap dengan saus cocol berupa yoghurt segar. 

(gambar You xiang, source)

  1. Sheer Khurma 

Meskipun memiliki nama yang hampir mirip dengan buah kurma, bukan berarti dalam hidangan ini terdapat kandungan kurma, ya. Sheer Khurma merupakan hidangan khas lebaran masyarakat Asia Selatan yang berupa puding krim. Hidangan ini terbuat dari sevayan, yakni mie bertekstur halus mirip bihun. 

Seperti hidangan Asia Selatan pada umumnya, Sheer Khurma pun memiliki cita rasa rempah-rempah yang sangat kaya. Ada kapulaga, kunyit, dan bahkan aroma bunga. Biasanya sajian ini akan lebih lezat jika disantap bersama kacang-kacangan atau buah-buahan kering. 

(gambar rendang, source)

  1. Rendang

Rendang merupakan salah satu menu wajib khas lebaran masyarakat Indonesia. Namun, ternyata bukan Indonesia saja ya, yang menyajikan hidangan ini. Negara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura juga menyambut Idul Fitri dengan menyediakan rendang untuk keluarga dan kerabat. 

Nah, itu dia beberapa hidangan khas lebaran dari berbagai negara di dunia. Semoga dengan membaca artikel ini kita jadi lebih semangat dalam menjalani ibadah pada 10 hari terakhir Ramadhan serta menyambut hari raya dengan lebih bersuka cita. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top