Kapan Waktu Terbaik Untuk Sedekah?

Janji pahala bagi orang yang bersedekah tertuang dalam Surat Al-Baqarah ayat 261 yang bunyinya; “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.” Berdasarkan dalil tersebut kita tahu bahwa sedekah merupakan salah satu amalan terbaik. Lantas, kapan waktu yang paling tepat untuk bersedekah? 

  1. Bersedekah saat memiliki keinginan untuk menjadi kaya 

Saat memiliki keinginan menjadi kaya, sedekah merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Sebab pada kondisi ini seseorang akan menjadi kikir dan pelit dalam mengeluarkan uangnya agar uangnya dapat tersimpan dan ia pun dapat menjadi kaya. Namun, ternyata justru saat itulah dianjurkan untuk bersedekah. 

Rasulullah ingin menggambarkan bahwa orang yang bersedekah dalam keadaan tidak 

memiliki keinginan untuk menjadi kaya maka sedekahnya kurang bernilai dibandingkan orang yang berambisi untuk menjadi kaya. “Orang yang ingin menjadi kaya lalu ia bersedekah maka ia merupakan bagian dari orang yang tidak ingin menikmati kekayaan untuk dirinya sendiri, namun juga berbagi dengan orang lain yang membutuhkan,” dijelaskan.

  1. Bersedekah saat merasa khawatir miskin 

Bersedekah pada saat merasa khawatir miskin merupakan hal yang tepat. Mengapa demikian? Kondisi khawatir ini dapat disebabkan oleh orang yang hendak di-PHK, terlilit hutang, kerugian bisnis, atau masalah keuangan lainnya. Meskipun sedang merasa terpuruk, tetaplah bersedekah sebab bagi orang beriman hal ini bukanlah penghalang. 

Seseorang yang tepat bersedekah di masa gelapnya merupakan orang yang percaya pada Allah SWT, bahwa sewaktu-waktu Allah dapat merubah nasibnya. Sehingga ia tidak khawatir jika sebagian hartanya digunakan untuk bersedekah. Allah SWT menegaskan waktu terbaik untuk bersedekah ini dalam Al-Qur’an surat ali-Imran ayat 133-134: ”… yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit.” 

  1. Bersedekah Saat Sehat 

Islam mengajarkan, bersedekahlah saat tubuh masih terasa sehat. Sebab seseorang yang sehat biasanya masih memiliki ambisi dalam mengejar keuntungan duniawi. Oleh karena itu, inilah saat yang tepat untuk melakukan sedekah karena dengan sedekah diharapkan akan menekan nafsu duniawi tersebut. Selain itu, dalam keadaan ini biasanya seseorang cenderung sulit dan malas untuk menyedekahkan hartanya. 

Rasulullah SAW bersabda tentang waktu terbaik untuk bersedekah ini:

“Ada dua nikmat yang kebanyakan manusia tertipu karenanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR Bukhari).

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top