Kenali Jenis-Jenis Sedekah Berikut ini!

Pengertian sedekah jauh lebih luas jika dibandingkan dengan zakat maupun infak. Hal tersebut karena sedekah tidak hanya berkaitan seputar materi. Terdapat jenis-jenis sedekah yang perlu diketahui.

Tidak hanya materi, sedekah juga dapat berupa amal atau perbuatan yang baik. Hal itu menyebabkan sedekah dapat memberikan manfaat yang lebih beragam dibandingkan zakat.

Lantas, apa saja jenis-jenis sedekah yang dapat dilakukan oleh seorang muslim untuk berbagi kepada yang lain.

1. Sedekah Materi

Sedekah berupa materi adalah hal yang paling sering dilakukan oleh seseorang, dapat berupa uang, makanan, minuman, atau hal-hal lain yang memiliki wujud dan dapat dimanfaatkan oleh orang lain.

Pada saat Bulan Ramadan, salah satu sedekah yang sangat dianjurkan adalah memberikan takjil kepada orang yang ingin berbuka puasa.

“Siapa yang memberi makan berbuka puasa orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sama sekali,” (HR At-Tirmidzi).

2. Sedekah Non-Materi

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk bersedekah dalam bentuk materi. Untuk itu, ada sedekah yang dapat dilakukan dengan berbagai wujud.

Contoh hal yang bisa disedekahkan adalah tenaga, pikiran, nasihat, dan senyum. Hal ini tertuang dalam sebuah hadis.

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah, perintahmu kepada berbuat baik dan mencegah kemungkaran adalah sedekah.

Petunjukmu kepada seseorang yang tersesat adalah sedekah, menuntunmu kepada orang yang kabur penglihatannya adalah sedekah.

Kamu menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan (yang dapat membahayakan pengguna jalan) adalah sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu adalah sedekah,” (HR At-Tirmidzi).

Hal ini berarti meluangkan tenaga atau pikiran untuk berbuat baik kepada orang lain, seperti membantu lansia menyeberang, atau membawakan belanjaan, termasuk ke dalam sedekah.

3. Sedekah Jariyah

Jenis sedekah yang terakhir adalah sedekah jariyah, yaitu memberikan hartanya untuk membuat sesuatu yang dapat digunakan sebagai kepentingan orang lain.

Keutamaan dari sedekah jariyah adalah pahalanya akan terus mengalir meski orang tersebut telah meninggal dunia. Hal tersebut karena manfaat sedekahnya masih digunakan oleh orang lain.

Contoh sedekah jariyah yang dapat dilakukan seseorang adalah membangun masjid, membuat pesantren, membangun sekolah atau tempat pengembangan ilmu, membangun fasilitas umum, dan sedekah alquran.

Dari Abu Hurairah RA bahwasa Rasulullah SAW bersabda:

“Jika manusia meninggal dunia, maka terputus amalnya kecuali tiga, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya,” (HR At-Tirmidzi).

Itu tadi adalah jenis-jenis sedekah yang dapat dilakukan oleh umat muslim sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top