Kesalahan Sedekah Berikut Dapat Membawa Kita Masuk Neraka 

Jika dilihat dari artinya, sedekah merupakan pemberian seseorang kepada orang yang membutuhkan dengan penuh rasa ikhlas. Seperti yang kita ketahui pula, bahwa sedekah merupakan ibadah yang sangat mulia, tapi ternyata jika kita melakukan kesalahan dalam melakukan sedekah, sedekah tersebut malah membawa kita masuk ke dalam neraka. Hmm, kira-kira sedekah yang seperti apa, ya? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 

  1. Bersedekah dengan berharap mendapat pujian 

Walaupun sedekah harus didasari dengan rasa ikhlas dan tanpa pamrih, tetap saja masih banyak masyarakat yang bersedekah hanya untuk mendapat pujian. Selain itu, orang-orang seperti ini biasanya hanya ingin membangun citra yang baik. Jika niat sedekah kita dinodai dengan hal-hal seperti di atas, insyaAllah kita tidak akan mendapat pahala dari Allah SWT, malahan akan mendapat ganjaran akibat bersikap ria. 

  1. Tidak bersedekah kepada orang yang terdekat lebih dahulu 

Ya, bersedekah memang boleh ditujukan kepada siapapun. Namun, sebagai umat muslim yang hidup berdampingan kita juga perlu mengetahui keadaan orang terdekat kita. Siapa yang dapat kita berikan sedekah? Penjelasan ini tercantum dalam Qs Al Baqarah: 215 Allah SWT sudah berfirman: “Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan, jawabkah apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya”. Berdasarkan ayat tersebut, kita tahu bahwa tidak perlu bingung harus bersedekah kepada siapa, kita bisa sedekah kepada orang terdekat seperti orang tua, saudara, dan sebagainya. 

  1. Menunda sedekah 

Sedekah merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Oleh karena itu, dalam keadaan sehat dan limpahan rezeki seharusnya kita semakin rajin untuk bersedekah. Jika kita menunda-nunda dalam melakukan sedekah, Allah pun akan ikut menunda rezeki kita, termasuk kesehatan. 

  1. Perhitungan saat  bersedekah 

Saat berbelanja, kita pasti mempertimbangkan pengeluaran dengan uang yang kita punya. Begitu pula dengan sedekah, sebaiknya kita tidak berlebihan dan tidak juga pelit dalam mengeluarkan uang. Sebab hal yang paling penting adalah saat bersedekah tidak perlu dihitung-hitung apalagi jika sampai membuat hati resah. Contohnya, apabila kita hanya mampu bersedekah sebanyak 10.000 maka bersedekahlah 10.000 atau singkatnya sesuai kemampuan, sehingga hati akan terasa lebih ikhlas saat menyedekahkannya. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top