Keutamaan Shalat Idul Adha

Sebelum melaksanakan ibadah Qurban, umat muslim kerap melaksanakan shalat Idul Adha. Syekh Habib Hasan Al-kaff menjelaskan bahwa ulama dari kalangan Syafi’i menyebutkan shalat Idul Adha hukumnya sunnah muakkad— shalat sunnah yang sangat dianjurkan. Seperti shalat-shalat lainnya, shalat Idul Adha pun memiliki banyak keutamaan yang jika dilakukan dengan baik kita akan mendapatkan pahala. 

  1. Penyempurna Ibadah Qurban 

Rasulullah saw. bersabda, “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya kurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan kurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah-sebagai qurban-di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” 

Shalat idul adha menjadi penyempurna dari ibadah qurban. Ibadah qurban sendiri merupakan ibadah yang sangat dicintai Allah SWT. 

  1. Penghapus Dosa Selama Setahun 

Selain sebagai penyempurna ibadah qurban, shalat idul adha juga dapat menghapus dosa selama setahun jika sebelumnya kita melaksanakan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. 

  1. Melipatgandakan Amal Ibadah 

Selain bulan Ramadhan, bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang juga suci dan mulia. Khususnya pada tanggal 10 Dzulhijjah yang menjadi Hari Raya Idul Adha. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tiada hari yang di dalamnya ada suatu amal yang paling dicintai Allah kecuali hari-hari ini (Hari Raya Idul Adha).” Oleh karena itu, shalat idul Adha akan melipatgandakan pahala kita. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top