Kiat Menghafal Al-Qur’an

Setelah membaca Keutamaan Menghafal Al-Qur’an, kita dapat mengetahui bahwa menghafal Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan. Di antaranya adalah dicintai Allah dan mendapatkan syafaat pada hari akhir kelak. Lantas, siapa sih yang tidak mau menghafal Al-Qur’an? Ya, semua orang pasti menginginkannya. Namun, meskipun begitu bukan berarti ibadah ini dapat dilakukan dengan cepat, ya. Berikut tips mudah dan efektif dalam menghafal Al-Qur’an.

  1. Mendekatkan diri dengan Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an bukanlah sesuatu yang dapat kita gapai dengan cara instan. Nah, sebelum mulai menghafal ada baiknya untuk mendekatkan diri terlebih dahulu dengan Al-Qur’an. Pertama-tama, kita tidak perlu berpikir bagaimana agar dapat menghafal ayat-ayat tersebut, namun dekatkanlah diri kepada Al-Qur’an dengan rutin membacanya setiap hari, contohnya membaca tiga sampai lima juz perhari. Atau jika ingin langsung menghafal, kita bisa memulainya dengan satu ayat satu hari.

2. Lakukan Murojaah secara rutin

Murojaah merupakan kegiatan mengulang bacaan yang dapat membantu kita untuk mengingat ayat-ayat Al-Qur’an. Kita tidak perlu memulainya dengan langsung menghafal beberapa ayat, melainkan ambilah satu sampai dua ayat untuk diulang terus-menerus. Jangan terburu-buru agar terhindar dari resiko hilangnya hafalan tersebut.

3. Tentukan Jadwal Hafalan

Penting bagi kita untuk membuat jadwal hafalan yang dilakukan secara rutin. Hal ini berguna agar proses menghafal Al-Qur’an dapat menjadi lebih efektif dan disiplin. Dalam satu hari kita bisa menyediakan satu waktu khusus untuk menghafal Al-Qur’an. Ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk menghafalkan Al-Qur’an, antara lain di sepertiga malam, pagi hari setelah shalat subuh, dan saat pertengahan hari.

4. Rutin Mendengarkan Murotal

Sama seperti murojaah, mendengarkan murotal dapat membantu hafalan kita lebih melekat dalam otak. Dengan mendengarkan lantunan dengan irama merdu yang diulang-ulang akan membuat kita mudah mengingat ayat-ayat tersebut. Semakin rutin mendengarkan murotal, semakin banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang terpatri dalam ingatan kita.

5. Istiqomah

Tips-tips di atas akan sia-sia jika kamu tidak menjalankan satu hal yang satu ini, yaitu istiqomah. Menjadi seorang penghafal Al-Qur’an wajib memiliki prinsip yang teguh. Apabila kita konsisten dalam menghafal Al-Qur’an setiap harinya, niscaya kita dapat betul-betul menjadi hafidz dan hafidzah Al-Qur’an.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top