Kurang Tidur Ketika Berpuasa? Bagaimana Mengatasinya?

Kurang tidur ketika berpuasa dapat menyebabkan banyak masalah seperti kelelahan, mengantuk, konsentrasi yang buruk, hingga kinerja otak yang buruk.
Tidur cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda selama berpuasa. Tidur yang baik juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kinerja otak, dan meningkatkan mood.
Akan tetapi, terbangun di waktu dini hari untuk menyiapkan sahur dan harus mulai beraktivitas setelah sahur tidak jarang membuat orang mengalami kurang tidur ketika berpuasa.

Untuk itu, simak beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kurangnya waktu tidur tidak mengganggu kesehatan:

1. Tidur Lebih Cepat
Ingatlah bahwa puasa mengharuskan Anda bangun pagi untuk makan sahur. Untuk menghindari kurang tidur, Anda harus tidur lebih awal di malam hari. Setelah salat tarawih, menyelesaikan tugas rumah, dan makan malam, sebaiknya segeralah tidur.
Sebagai contoh, bila kamu terbiasa tidur pukul 22.00, cobalah untuk tidur satu jam lebih awal. Agar cepat terlelap dan tidurmu berkualitas, kamu bisa mengatur kamar tidurmu senyaman mungkin, misalnya dengan meredupkan lampu kamar, menyalakan humidifier, atau mendengarkan lagu pengantar tidur.

2. Sempatkan tidur siang
Bila memungkinkan, sempatkan waktu untuk tidur siang selama maksimal 20 menit. Selain bisa mengatasi kurang tidur saat puasa, tidur siang memberikan stamina yang lebih untuk kembali beraktivitas.

3. Perhatikan pola makan Anda
Memperhatikan pola makan selama puasa juga mempengaruhi kualitas tidur. Karena itu, hindari mengonsumsi makanan berkalori tinggi yang terlalu manis atau terlalu pedas, dan gorengan yang tinggi minyak.
Mengonsumsi makanan ini dapat menyebabkan sistem pencernaan bekerja ekstra untuk memprosesnya, hal tersebut dapat menyebabkan kurang tidur dan sistem penceraan tetap bekerja selagi tidur.

4. Rutin berolahraga
Berolahraga saat puasa memang dianjurkan. Namun, ada baiknya Anda memilih jenis olahraga yang cocok dilakukan saat puasa dan tidak membuatmu mudah haus, seperti berjalan kaki, jogging, atau yoga.
Olahraga saat puasa bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, mulai dari mengontrol kadar gula darah tetap stabil, memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

5. Kurangi asupan kafein
Di waktu berbuka dan sahur, kamu dianjurkan untuk mengurangi asupan kafein, seperti kopi dan teh. Pasalnya, kafein bisa membuatmu lebih terjaga, tidak mengantuk, dan menghambat produksi hormon yang mengatur tidur, yaitu hormon melatonin.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top